Jokowi Resmikan Tol Kayu Agung – Palembang dengan Protokol Kesehatan Ketat

Berita Otomotif

Jokowi Resmikan Tol Kayu Agung – Palembang dengan Protokol Kesehatan Ketat

JAKARTA – Presiden Joko Widodo dilaporkan telah terbang ke Pulau Sumatera Selasa (26/1/2021) pagi ini dengan Pesawat Kepresidenan. Di sana, ia baru saja meresmikan Tol Kayu Agung – Palembang dengan protokol kesehatan ketat.

Jokowi, menurut laporan situs Sekretariat Kabinet, bertolak ke Palembang, Sumatera Selatan pkl.08.25 WIB tadi dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdana Kusuma. Dia beserta rombongan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.


Di antara yang mendampingi Jokowi adalah Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Ada pula Manteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Sesampainya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Jokowi langsung menuju Gerbang Tol Kramasan. Ini adalah lokasi peresmian Tol Kayu Agung – Palembang atau sebagian dari ruas Tol Kayu Agung – Palembang – Betung.

“Alhamdulillah, Jalan Tol Kayu Agung Palembang sepanjang 42,5 km sudah selesai, sudah rampung, dan siap untuk digunakan pada hari ini,” ucap Jokowi dalam seremoni yang disiarkan langsung oleh akun YouTube Sekretariat Presiden.

Infrastruktur terbaru di Indonesia itu ia sebut sebagai poros terpenting di Tol Trans Sumatera dan menjadi tulang punggung logistik Sumatera bagian Selatan. Tol Kayu Agung – Palembang menjadi ruas terakhir yang menghubungkan Tol Bakauheni dengan Palembang dengan pemangkasan waktu hingga 75 persen dibandingkan jalur non-tol.

“Dengan selesai dan beroperasinya jalan tol ini, jarak tempuh dari Bakauheni ke Palembang yang berjarak 373 km, yang saya dengar bisa ditempuh 12 jam perjalanan darat, sekarang hanya perlu waktu antara 3 jam sampai dengan 3,5 jam,” papar dia.

Pemangkasan waktu maupun jarak tempuh, lanjutnya, akan memberikan efisiensi biaya logistik. Daya saing besar pun bakal hadir bagi Palembang maupun Lampung.


Setelah seremoni, mantan Walikota Surakarta maupun Gubernur DKI Jakarta tersebut langsung meninjau jalur tol yang baru diresmikan bersama dengan rombongan. Sepanjang 9 km jalur tol akan mereka telusuri.

Jokowi juga menyampaikan keunikan Jembatan Ogan yang berada di jalur tol anyar tersebut, tepatnya di KM 364. Tak berlama – lama ,dia dan rombongan sudah bertolak kembali ke Jakarta pada siang ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar