Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Berita Otomotif

Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

JAKARTA – Suara mesin mobil yang kasar seiring dengan pemakaian, ternyata karena beberapa faktor. Kenali sumber masalahnya agar suara mesin mobil kembali halus.

Mobil yang baru keluar dari dealer pada umumnya memiliki suara yang halus dan minim getaran. Hal ini tentunya berimbas pada kenyamanan berkendara apalagi jika digunakan sehari-hari.

Lalu seiring dengan pemakaian sehari-hari, kendaraan akan mulai memiliki beberapa masalah pada beberapa komponen, tidak terkecuali mesin. Dengan perawatan berkala, performa mesin dapat dijaga agar tetap optimal seperti sediakala.

Namun meskipun sudah melakukan perawatan berkala pada mobil, masalah mungkin saja tetap timbul. Suara mesin yang kasar pada saat mesin mulai panas, lalu getaran berlebih yang muncul seketika akan mengusir rasa nyaman dalam berkendara.

Berikut ini tiga penyebab suara mesin kasar saat kondisi mesin mulai panas, dikutip dari laman Evalube.

Masalah pada celah katup

Saat mesin bekerja dan sudah dalam kondisi panas, batang katup yang terbuat dari logam ini akan memuai. Untuk itu harus ada celah yang cukup antara rocker arm dan katup agar tidak terjadi benturan. Kalau celah ini terlalu sempit maka saat mesin panas akan timbul suara yang kasar.

Jarak antara batang katup dan rocker arm ini juga tidak boleh terlalu renggang karena bisa menimbulkan suara yang kasar. Sebab batang katup bergesekan dengan komponen lain. Jadi sebaiknya Anda mengatur jarak celah katup ini untuk menghindari suara kasar yang timbul saat mesin dalam kondisi panas.

Bearing Rusak

Benda ini berfungsi untuk menghindari dua komponen saling bergesekan yang bisa menimbulkan panas berlebihan pada mesin mobil. Keberadaan bearing ini sangat penting pada mesin mobil, dan umumnya bearing akan mengembang seiring dengan meningkatnya suhu pada mesin. Ketika bearing sudah mengalami kerusakan, ia tidak akan memuai dan ini bisa menimbulkan bunyi kasar saat mesin sudah dalam kondisi panas.
oli mobil

Oli Terlalu Encer

Oli punya peranan yang penting pada kendaraan, untuk itu oli mesin harus diganti secara rutin setiap enam bulan sekali. Tetapi Anda juga harus memperhatikan oli yang digunakan, jangan sembarangan memilih oli karena bisa membuat berkendara menjadi kurang nyaman.

Seperti halnya ketika Anda mendengar suara mesin yang kasar saat dalam kondisi panas, ini bisa disebabkan oleh penggunaan oli mesin yang terlalu encer. Untuk itu pilihlah oli yang kekentalannya sesuai dengan kebutuhan mobil. Dan selalu ingat untuk mengganti oli tepat pada waktunya agar komponen mesin terhindar dari kerusakan akibat kurangnya pelumasan. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar