Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Download Gratis – iCar Asia Limited
7,592

Penyebab Mesin Motor Mengalami Getaran Tidak Biasa

Berita Otomotif

Penyebab Mesin Motor Mengalami Getaran Tidak Biasa

JAKARTA – Mesin motor yang mengalami getaran lebih terasa dari biasanya akan mengurangi kenyamanan berkendara. Getaran yang berlebih pada mesin dapat disebabkan oleh beberapa masalah, dengan mengenali lebih jauh akan membuat penanganannya lebih cepat dan tepat.

Penyebab mesin motor bergetar

1. Bandul kruk yang tidak seimbang

Kemungkinan pertama yang membuat mesin motor bergetar parah adalah putaran bandul kruk as yang sudah tidak seimbang lagi. Karena kondisinya yang tidak seimbang, putaran kruk as ini tidak normal. Nah, putaran yang tidak normal ini akhirnya membuat mesin motor bergetar parah.

Biasanya, putaran kruk as menjadi tidak normal karena motor sering jatuh. Selain itu, lupa ganti oli mesin pun bisa jadi biang keroknya. Apalagi kalau oli dibiarkan sampai kering. 

2. Kondisi velg

Selain putaran bandul kruk as yang tidak normal, kondisi velg pun ternyata mampu membuat motor bergetar parah. Biasanya ini dialami ketika motor digeber pada kecepatan tinggi. Memang, kalau kasusnya seperti ini, getaran bukan berasal dari mesin, melainkan setang hingga ke jok.

Velg dengan model palang, harus menjalani pemeriksaan keseimbangan setiap 10.000 kilometer. Jika tidak, motor akhirnya bergetar dan bahkan menjadi tidak stabil hingga 50 persen.
Mesin Motor Bergetar

Apabila selama ini masih cuek dengan perkara balancing velg, sekarang saatnya Anda lebih memperhatikan bagian yang satu ini. Jika memasang velg racing, coba lihat bagian tengahnya. Soalnya, velg racing bawaan pabrik sudah dilengkapi timah keseimbangan berat di bagian tengahnya.

Komponen ini harus dicek dan disetel atau di-balancing ulang secara rutin. Pastikan titik balance ada di angka 10, masing-masing untuk outer dan inner. 

Mesin yang mengalami getaran hebat seperti disebutkan di atas akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Selain itu, getaran juga akan membuat pengendara lebih cepat letih karena berkurangnya konsentrasi.

Berkendara tanpa konsentrasi pada akhirnya akan menyebabkan kecelakaan. Maka dari itu, segera sambangi bengkel terdekat untuk memperbaiki getaran berlebih pada mesin. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar