Penjualan Mobil Juni 2018 Turun Tajam

Berita Otomotif

Penjualan Mobil Juni 2018 Turun Tajam

JAKARTA – Penjualan mobil pada Juni hancur lebur karena libur Lebaran yang jauh lebih lama dari biasanya. Namun, penjualan mobil secara total selama semester satu masih mampu naik tipis.

Sebagai informasi, pemerintah pada Juni menetapkan cuti bersama Lebaran lebih lama dari tahun-tahun sebelumnya yang membuat hari libur menjelang dan sesudah hari raya Idul Fitri berjumlah 12 hari. Ditambah ‘tanggal merah’ lain, hari kerja pada Juni pun cuma 12 hari.

Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa distribusi mobil dari pabrikan ke dealer pada Juni hanya 58.837 unit. volume tersebut anjlok hingga 41,45 persen jika dibandingkan dengan raihan pada Mei.

Meski demikian, suplai mobil secara akumulatif pada paruh pertama tetap menunjukkan pertumbuhan, meski tak banyak. Data memperlihatkan bahwa volume pengiriman kendaraan di semester satu mencapai 553.757 unit atau naik 3,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu (year on year) yang mencapai 533.506 unit.

Secara rata-rata, distribusi per bulan selama enam bulan pertama 2018 adalah 92.293 unit. Sementara itu, distribusi rata-rata pada rentang waktu yang sama di 2017 berjumlah 88.918 unit.

Melihat pencapaian semester satu, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi masih percaya target penjualan mobil nasional 1,1 juta unit pada 2018 masih bisa tercapai.

“Jika hasil pada semester pertama dikali dua, jumlahnya masih 1,1 juta unit,” kata Nangoi usai konferensi pers terakhir mengenai persiapan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 belum lama ini di Jakarta.

Merek Besar Turun
Merek-merek besar pun mencatatkan distribusi yang menurun jauh pada Juni jika dikomparasi dengan sebulan sebelumnya. Dari merek anggota Gaikindo yang masuk dalam 10 besar terpopuler, hanya Datsun yang mengirimkan stok unit lebih banyak.

Sisanya yaitu Toyota, Mitsubishi, Daihatsu, Honda, Suzuki, Hino, Isuzu, Wuling, Nissan mendistribusikan unit lebih kecil. Hal ini sendiri sudah diprediksi oleh para pabrikan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual