Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Penjualan Mobil Juni 2018 Diprediksi Anjlok Karena Libur Lebaran Lebih Panjang

Berita Otomotif

Penjualan Mobil Juni 2018 Diprediksi Anjlok Karena Libur Lebaran Lebih Panjang

TANGERANG – Penjualan mobil setelah hari raya Idul Fitri selalu turun karena libur Lebaran relatif lama. Hal itu disinyalir terjadi lagi tahun ini, apalagi dengan libur yang lebih panjang dari biasanya, diprediksi membuat penjualan mobil Juni 2018 anjlok.

Hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah telah jatuh pada 15 Juni kemarin, dengan cuti bersama Lebaran yang berlangsung pada 11 – 20 Juni (Senin – Rabu) sehingga libur kerja berjumlah 12 hari. Sebagai perbandingan, setahun sebelumnya, saat Idul Fitri 1438 Hijriah jatuh 25 Juni, cuti bersama hanya 23 – 30 Juni, dengan jumlah total libur 10 hari.

Pabrikan – pabrikan otomotif pun bersiap menghadapi transaksi jual – beli yang lesu bulan ini, jika dibandingkan dengan Mei. Daihatsu mengatakan penjualan mereka kemungkinan turun cukup jauh dan mereka tidak menyiapkan strategi khusus karena ini adalah fenomena musiman di pasar otomotif nasional.

“Kan, bukan hanya Daihatsu. Semua merek lain juga, kan, sama,” kata Marketing and CR Division Head PT. Astra International-Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso.

Apalagi, menurut Hendrayadi, libur panjang Lebaran tahun ini menyebabkan waktu efektif berjualan mobil pada Juni hanya pekan pertama. Pasalnya, libur berlangsung sekitar dua minggu dan baru masuk kerja kembali pada akhir bulan.

“Libur Lebaran tahun ini memang yang rasanya kalau dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya banyak banget sehingga hari efektif kerja satu minggu saja kali ya menurut saya,” nilai dia.

Hendrayadi mengaku sulit memprediksi seberapa dalam penurunan penjualan Daihatsu.

“Kalau berbicara logika saja, kami rata-rata jual 16 ribu unit per bulan. Itu kemudian dibagi empat minggu. Kalau efektifnya cuma seminggu, kira-kira sekitar 4.000 unit. Ini kita main kira-kira, ya, karena agak susah menebaknya. Itu logika hitung-hitungan matematisnya. Kami enggak tahu bakal bagaimana nantinya. Kami, sih, berharap bakal lebih besar dari itu. Itu dari hitungan hari kerja saja,” paparnya.

Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales Donny Sahputra, ketika diwawancarai pada kesempatan berbeda, mengakui menjual model terbaru mereka yakni All-New Suzuki Ertiga pada Juni ini menjadi hal yang cukup menantang karena libur panjang Lebaran. Suzuki juga mesti mengatur produksi mereka di saat libur panjang Lebaran 2018 agar turunnya diupayakan hanya 5 – 10 persen dibanding bulan-bulan normal. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang