Prediksi: 88 Juta Mobil Terjual Tahun Ini

Berita Otomotif

Prediksi: 88 Juta Mobil Terjual Tahun Ini

JAKARTA - Pasar mobil Indonesia diproduksi akan stagnan di 2015. Namun pasar mobil dunia diprediksi masih akan tumbuh, 88,6 juta kendaraan diprediksi akan mengisi bumi di 2015 ini.

Lembaga IHS Automotive memprediksi penjualan kendaraan ringan di dunia pada 2015 nanti akan sedikit melambat ke angka 88,6 juta, naik 2,4 persen dibanding tahun 2014.

Perlambatan penjualan mobil di dunia itu terjadi karena adanya perlambatan di pasar-pasar negara berkembang. Dari 4 anggota BRIC (Brasil, Rusia, India, China) hanya 2 negara yang diperkirakan akan mengalami kenaikan penjualan.

Meski begitu, China tetap akan menjadi pasar mobil  terbesar di dunia. Pasar mobil di negeri tirai bambu itu diperkirakan naik 7 persen menjadi 25,2 juta unit di 2015 ini.

"Kami melihat pasar SUV meningkat dari 26 persen di 2014 ke 28 persen di 2015 karena konsumen menganggap segmen ini mampu memberikan solusi transportasi yang mereka butuhkan," kata Lin Huaibin, manager, China light vehicle sales forecast, IHS Automotive.

Di sisi lain, Amerika Serikat masih belum mampu merebut kembali predikat pasar mobil terbesar di dunia dari tangan China karena tahun ini diperkirakan AS hanya mampu menyerap 16,9 juta mobil.

Sementara Indonesia, di 2015 ini diperkirakan hanya mampu mempertahankan angka 1,2 juta unit per tahun seperti tahun 2013 dan 2014. Pasar belum mampu menyerap lebih dari angka itu. 

Tapi dengan angka penjualan itu saja Jakarta yang menjadi ibukota Indonesia telah didaulat sebagai kota dengan lalulintas terburuk di dunia.

Study yang dilakukan oleh Castrol ini bahkan menempatkan dua kota di Indonesia, Jakarta dan Surabaya, dalam daftar 10 kota termacet di dunia. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual