Banyak yang Beli All New Daihatsu Xenia Tunai di Awal Masa Peluncuran

Berita Otomotif

Banyak yang Beli All New Daihatsu Xenia Tunai di Awal Masa Peluncuran

KEBUMEN – Komposisi orang-orang yang membeli All New Daihatsu Xenia secara cash (tunai) di awal masa peluncuran amat banyak, mendekati separuhnya.

Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan porsi pembeli All New Xenia yang membayar cash, hingga 30 November 2021, mencapai 42 persen. Adapun pembeli kredit 58 persen.

Xenia generasi ketiga ini sendiri meluncur di pasar otomotif Nusantara pada 11 November 2021. Daihatsu memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini yang berlangsung pada 11-21 November di Serpong, Tangerang sebagai tempat perkenalan perdananya kepada publik.

Lebih lanjut, komposisi pembeli All New Xenia sementara ini amat jomplang dengan profil konsumen 'tradisional' Daihatsu yang amat mengandalkan program dari perusahaan pembiayaan.

“Biasanya pembeli mobil-mobil Daihatsu itu 75 persen kredit, berbanding 25 persen tunai. Hampir 80 persen banding 20 persen, malah, kalau Xenia. Ini terbukti kalau pada saat masa awal peluncuran memang orang-orang yang punya uang dan sudah siap dananya (yang beli),” ucap Hendrayadi di sela-sela test drive All New Xenia di Kebumen-Semarang, 1-2 Desember 2021.

“Mereka (para pembeli awal All New Xenia) datang dan lihat ke GIIAS atau diler, lalu langsung beli,” lanjut dia.

All New Daihatsu Xenia

Sekadar mengingatkan, Xenia dijual seharga Rp190,9-244,2 juta on the road (OTR) Jakarta. Seperti model generasi terdahulu, jumlah tipe pada All New Xenia sangat banyak.

Totalnya mencapai 21 tipe yang secara umum terbagi menjadi tipe-tipe bermesin bensin 1.3-liter serta tipe-tipe bermesin bensin 1.5-liter.

All New Xenia kini menggunakan platform DNGA (Daihatsu Next Generation Architecture). Platform terbaru Daihatsu ini pertama kali digunakan di Indonesia oleh SUV compat murah Rocky.

All New Daihatsu Xenia

Desain All New Xenia berubah total dan kini menjadi mirip sebuah SUV. Fitur-fiturnya pun lebih canggih.

Contoh fitur-fitur All New Xenia adalah Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Around View Monitor, sampai teknologi bantuan pengemudian aktif bernama Advanced Safety Assist (ASA). [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar