Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pemerintah Harap Mobil Pribadi Bermesin Diesel Beralih ke BBM B20

Berita Otomotif

Pemerintah Harap Mobil Pribadi Bermesin Diesel Beralih ke BBM B20

JAKARTA – Pemerintah berharap bahan bakar minyak (BBM) Biodiesel berbahan nabati 20 persen, atau disebut sebagai B20, tidak hanya digunakan oleh angkutan-angkutan umum tapi juga mobil pribadi bermesin diesel.

Pemerintah kini ingin menggalakkan B20 sebagai bahan bakar utama mobil bermesin diesel. Hal ini dilakukan untuk mengurangi defisit neraca perdagangan yang turut mempengaruhi depresiasi kurs rupiah hingga Rp 15 ribu per dollar AS.

B20 sebenarnya sudah diberlakukan sejak beberapa tahun lalu. Namun, penerapannya di pasar baru digenjot dengan pengawasan serius mulai tahun ini demi memperbaiki ketimpangan neraca perdagangan Indonesia.

“Targetnya, satu tahun bisa selesaikan CAD (Current Account Deficit/Defisit Transaksi Berjalan). Cara pertama, kami sudah memproses B20. Ini akan mengurangi impor minyak yang tidak sedikit dan perkiraan kami kurang lebih antara 5 – 6 miliar dollar AS,” tandas Presiden Joko Widodo, beberapa waktu lalu di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, juga menjelaskan bahwa pemakaian B20 nantinya berdampak positif pada harga kelapa sawit. Komoditas ini memang digunakan sebagai bahan baku nabati dari BBM tersebut.

“CPO (Crude Palm Oil) produksi kita akan kita pakai sendiri untuk B20. Suplai ke pasar akan jadi turun sehingga kami harapkan harga CPO juga akan naik. Saat ini sudah merangkak naik,” lanjut dia.

I Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), berharap banyak mobil bermesin diesel milik pribadi yang menggunakan B20. Dengan demikian, penghematan impor minyak dan pengurangi defisit neraca perdagangan dapat mencapai hasil seperti yang diharapkan.

“Dampak positifnya cukup besar, ini pondasi kuat untuk kita (Indonesia) ke depannya,” tandas Putu yang juga hadir di Pelabuhan Tanjung Priok. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang