Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pemerintah Berharap Pabrikan-Pabrikan Otomotif Mendesain Mobil Listrik Murah

Berita Otomotif

Pemerintah Berharap Pabrikan-Pabrikan Otomotif Mendesain Mobil Listrik Murah

JAKARTA – Pemerintah berharap para pabrikan otomotif mendesain mobil listrik murah di rentang harga yang diminati oleh masyarakat.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier menjelaskan kalau lebih dari separuh pembeli mobil di Indonesia mengincar model-model di harga Rp250-300 juta. Sayangnya, hampir semua mobil listrik memiliki harga jauh di atas itu.

“Jadi, bayangkan kalau ada mobil listrik di harga segitu. Saya yakin prosesnya (perpindahan ke kendaraan listrik) akan semakin cepat,” ucap dia dalam seminar di sela-sela Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, 22-31 Juli di JIExpo Kemayoran, Jakarta yang disiarkan juga secara langsung lewat YouTube Dyandra Promosindo.

Taufiek sadar bahwa pembentukan pasar mobil listrik adalah 'dialektika' antara teknologi dengan faktor-faktor ekonomi. Kendati begitu, ia tetap berharap makin banyak pabrikan otomotif yang memaksimalkan riset serta pengembangan untuk menciptakan mobil listrik murah untuk pasar Indonesia.

“Coba didesain mobil listrik dengan baterai murah. Ini akan mengakselerasi target-target (pemerintah) tadi. Ini jadi catatan penting, sehingga mempercepat pembangunan industri kendaraan listrik di Indonesia. Manufaktur juga jadi cepat tumbuh,” paparnya.

Dari data yang dipaparkan Taufiek, terlihat hanya ada satu mobil listrik dengan rentang harga Rp250-300 juta yakni Wuling Air EV. Sisanya berbanderol di atas Rp500 juta, bahkan bisa mencapai Rp1-2 miliar.

Air EV sendiri merupakan mobil listrik yang akan Wuling luncurkan di Tanah Air pada kuartal ketiga 2022. Namun, pemesanan resminya sudah dibuka sejak 11 Juli 2022, bersamaan dengan ulang tahun kelima Wuling di negeri ini.

Air EV memiliki estimasi harga Rp250 juta untuk tipe Standard Range dengan jarak tempuh 200 km. Ada pula tipe Long Range dengan estimasi harga Rp300 juta dan jarak tempuh 300 km.

Sekadar informasi, pemerintah menargetkan 20 persen perakitan mobil di Indonesia pada 2025 dikontribusikan oleh model-model hybrid, plug-in hybrid (PHEV), maupun battery electric vehicle (BEV). Angkanya diperkirakan sama dengan 400 ribu unit.

Pemerintah sudah menyiapkan berbagai insentif untuk mendorong hal tersebut. Di antaranya adalah insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang berlaku mulai 16 Oktober 2021.

Jaringan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) juga bakal dibangun. Pada 2030, diproyeksikan ada lebih dari 31 ribu SPKLU di berbagai wilayah di Tanah Air. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang