Pembangunan 2 Tol Ini Rampung Sebelum Lebaran

Berita Otomotif

Pembangunan 2 Tol Ini Rampung Sebelum Lebaran

JAKARTA – Pembangunan Proyek Jalan Tol Serpong-Cinere diharapkan bisa rampung sebelum Lebaran 2020.

Hal ini dikarenakan pada akhir Januari 2020, pembebasan lahan proyek ini telah mencapai 91,04%, dan progres konstruksinya mencapai 81,12%. Jalan Tol yang termasuk bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) II ini akan tersambung dengan Jalan Tol Serpong-Kunciran dan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng.

Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 km, terdiri dari dua seksi, yakni Seksi 1 Serpong-Ciputat (6,59 Km) dan Seksi 2 Ciputat-Cinere (3,55 Km). Ruas Jalan Tol Serpong-Cinere akan melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere.

Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari mengatakan untuk keperluan pengadaan tanah, PT CSJ memperoleh kredit sindikasi dana talangan tanah sebesar Rp950 Miliar pada September 2018, dan sisanya merupakan SHL dari total kebutuhan dana pengadaan tanah sekitar Rp 3,9 Triliun.

"Sampai dengan saat ini, PT CSJ telah merealisasikan sekitar Rp3,1 Triliun untuk luasan lahan yang masuk dalam ROW jalan tol dan lahan-lahan terdampak oleh Pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere,” ungkap Ayu.

Keberadaan Jalan Tol Serpong-Cinere diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di sejumlah wilayah penyangga Jakarta, termasuk dari dan menuju Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Jalan Tol Bogor Ring Road Hampir Rampung 

Selain itu, Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A Yasmin-Semplak juga ditargetkan rampung sebelum libur Lebaran 2020. Hingga 31 Januari 2020, pembangunan konstruksi Jalan Tol BORR Seksi 3A Yasmin-Semplak mencapai 78,68%, sedangkan pembebasan lahannya 88,25%.

Menurut Direktur Utama PT MSJ Hendro Atmodjo, pengerjaan kontruksi jalan tol ini yang paling berat adalah pemasangan total 2.166 box girder. Pekerjaan ini telah dimulai sejak September 2019 lalu.

"Hingga saat ini telah terpasang 1.349 box girder atau sebanyak 62% dari jumlah total 2.166 box girder tersebut," jelas Hendro.

Hendro optimis, pembangunan Jalan Tol BORR Seksi 3A dapat rampung pada Maret 2020 karena saat ini pengerjaannya dikebut selama hampir 24 jam setiap harinya. Selain itu, PT MSJ juga menambah jumlah pekerja. Secara keseluruhan, Jalan Tol BORR dibagi menjadi sejumlah seksi dengan panjang total sekitar 12 km dengan rincian sebagai berikut:

Seksi 1 Sentul-Kd. Halang (3,85 km): Dioperasikan sejak 23 November 2009

Seksi 2A Kd. Halang-Kd. Badak (1,95 km): Dioperasikan sejak 28 Mei 2014

Seksi 2B Kd. Badak-Sp. Yasmin (2,65 km): Dioperasikan sejak 7 Juni 2018

Seksi 3A Sp. Yasmin-Sp. Semplak (2,85 km): Direncanakan beroperasi TW II Tahun 2020

Seksi 3B Semplak-Junction Salabenda (1,01 km): Direncanakan beroperasi Tahun 2024

[Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support