Pasar LCGC Kehilangan Daya Pikat Karena Sepeda Motor

Berita Otomotif

Pasar LCGC Kehilangan Daya Pikat Karena Sepeda Motor

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) menilai bahwa penjualan mobil LCGC semakin menurut karena semakin berkembangnya pasar sepeda motor.

TAM melihat bahwa jika dibandingkan dengan tahun 2017, penjualan LCGC di 2018 terasa mulai menurun sementara pasar sepeda motor justru makin berkembang. Kondisi tersebut semakin lengkap karena pasar LMPV semakin menguat dan transportasi publik juga makin membaik.

“Ada tiga hal yang menyebabkan pasar LCGC semakin menurun pasarnya. Yang pertama adalah berkembangnya pasar LMPV, pasar sepeda motor semakin berkembang dan public transportation sudah semakin baik,” tutur Franciscus Seorjopranoto, Executive General Manager PT TAM.

Banyaknya sepeda motor premium dinilai Soerjo membuat masyarakat semakin lebih mudah dalam memilih sepeda motor yang nyaman. Kalau pun ingin berkendara dengan mobil, maka masyarakat bisa menggunakan taksi online sehingga tidak memikirkan biaya parkir dan biaya perawatan.

“Dari tadinya tidak kepikiran di segmen premium, sekarang APM motor itu semua masuk ke premium. Dari Kawasaki, lalu diikuti oleh pabrikan lain termasuk Honda. Kemudian motor listrik, motor listrik itu lebih mudah dimana? Di motor dibandingkan di mobil. Makanya motor listrik akan berkembang lebih dulu dari di mobil. Kelihatananya skemanya akan jadi seperti itu,” tambahnya.

Perkembangan LMPV di Indonesia juga menjadi faktor lain yang harus diperhatikan. Di awal tahun 2019 ini, hampir semua LMPV di Indonesua sudah hadir dengan desain baru yang dinilai lebih apik dan keluar dari zona nyaman.

“Selain itu, segmen LMPV berkembangnya juga luar biasa. Orang jadi terimingi untuk mengupgrade kendaraanya. Karena selisih harga beberapa juta masih bisa di kredit. Tingga tambah Rp 500 ribuan setiap bulan sudah mendapat kendaraan yang lebih baik dan kesannya tidak murahan,” tambahnya.

Tak hanya itu, aturan baru dari Pemerintah dikabarkan akan semakin memberatkan pasar LCGC untuk berkembang. Pasalnya dalam aturan baru tersebut disampaikan bahwa kendaraan LCGC akan ditingkatkan pajaknya sebesar 3 persen.

“Tanpa aturan tersebut pun sudah turun. Jadi dengan adanya aturan baru, pasar LCGC akan jadi semakin turun lagi,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support