Pandemi Belum Stabil, Pameran Mobil Jakarta Auto Week Diundur

Berita Otomotif

Pandemi Belum Stabil, Pameran Mobil Jakarta Auto Week Diundur

JAKARTA – Kondisi terkini pandemi Corona (Covid-19) membuat pameran mobil Jakarta Auto Week akhirnya mundur ke awal 2021.

Jakarta Auto Week merupakan pameran mobil pengganti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Skalanya lebih kecil daripada GIIAS dengan fokus utama menggeber penjualan di masa pandemi Corona.

Jakarta Auto Week awalnya ingin dilangsungkan pada 21 – 29 November 2020 mendatang di Jakarta Convention Center. Namun, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebagai inisiator pameran, melalui keterangan resmi pada Kamis (15/10/2020), mengumumkan penundaan acara.

Event yang menargetkan 250 ribu pengunjung itu mundur ke 9 – 17 Januari 2021. Gaikindo merasa kondisi pandemi Covid-19 belum stabil serta kondusif untuk mengadakan pameran, khususnya yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, ada pula kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. Ini berdampak pada berkurangnya waktu persiapan Jakarta Auto Week.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, menyampaikan bahwa pihaknya memiliki tanggung jawa kepada pemerintah, para anggota asosiasi, maupun kepada masyarakat. Organisasi yang menaungi pabrikan – pabrikan mobil global di Indonesia tersebut merasa perlu tetap mendorong pertumbuhan industri otomotif dan kesejahteraan masyarakat, sembari tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan mereka.

“Menjadi tanggung jawab Gaikindo agar penyelenggaraan pameran ini dapat berlangsung baik, aman dan lancar. Pameran pada saat ini menjadi penting karena menandai titik kebangkitan industri otomotif Indonesia,” ujarnya.

Jika benar – benar terlaksana pada Januari 2021, Jakarta Auto Week akan menjadi pameran otomotif normal pertama di Indonesia sejak pandemi menerpa pada Maret 2020. Pandemi yang berawal dari China ini sudah membuyarkan dua pameran mobil besar yakni GIIAS maupun Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020.

“Jika tidak ada aral melintang, Gaikindo Jakarta Auto Week akan jadi pameran otomotif pertama yang berlangsung setelah hampir semua event otomotif ditangguhkan pada 2020. Kami meyakini penyelenggaraanya akan menjadi momentum yang sangat baik dan sangat ditunggu baik dari para merek serta juga masyarakat yang pasti sudah sangat kangen dengan suasana pameran otomotif,” ungkap Rizwan Alamsjah selaku ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

Rizwan menjelaskan Jakarta Auto Week pada Januari 2021 tetap bakal melaksanakan protokol Covid-19 dengan ketat. Beberapa proses pun akan beralih digital, seperti contohnya pembelian tiket. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar