Masih Pandemi, Mitsubishi Belum Bisa Pastikan Jumlah Peluncuran Tahun Ini

Berita Otomotif

Masih Pandemi, Mitsubishi Belum Bisa Pastikan Jumlah Peluncuran Tahun Ini

JAKARTA – Rencana peluncuran Mitsubishi di Indonesia tahun ini masih bisa berubah karena pandemi virus Corona (Covid-19).

Mitsubishi pada Selasa (16/2/2021) kemarin baru saja menggelar peluncuran Pajero Sport facelift secara virtual untuk pasar Nusantara. Sebelumnya, pada bulan pertama tahun ini, mereka juga merilis Pajero Sport Rockford Fosgate Edition tanpa seremoni khusus.

Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2021
Selain dari dua aktivitas di atas, merek berlogo tiga berlian itu belum bisa memberitahukan rencana peluncuran model baru lainnya. Salah satu alasannya adalah masih berlangsungnya pandemi Covid-19 yang membuat mereka perlu lebih berhati – hati.

“Seperti diketahui, kami selalu punya kejutan untuk Anda. Tapi, tentu saja, dalam proses memperkenalkan model baru kami harus mencermati kondisi pasarnya. Terutama dengan kondisi seperti sekarang saat ada pandemi Covid-19,” ucap Naoya Nakamura selaku Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam konferensi pers virtual peluncuran Pajero Sport facelift.

SUV pesaing Toyota Fortuner ini sendiri dijual seharga on-the-road Jakarta Rp 502,8 – 733,7 juta. Kenaikannya dibandingkan model terdahulu antara Rp 2 – 24 juta, tergantung tipe.

Gril Depan Dynamic Shield Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2021
Seperti diketahui, pandemi Covid-19 muncul pertama kali di China pada penghujung 2019. Virus ini kemudian menyebar dengan cepat ke berbagai negara.

Indonesia diketahui telah ‘disusupi’ oleh virus Covid-19 ketika Presiden Joko Widodo mengumumkannya pada awal Maret 2020. Ekonomi, begitu juga penjualan mobil nasional terpukul.

Transaksi jual – beli mobil tahun lalu ibarat mundur 11 tahun. Wholesales turun 48,5 persen dibandingkan 2019 menjadi hanya 532.407 unit, sedangkan retail drop 44,7 persen menjadi 578.762 unit.

Mitsubishi memperkenalkan tiga model baru pada 2020. Model pertama, Xpander minor change, hadir sebelum pandemi yaitu pada Februari.

Mitsubishi Xpander Minor Change 2020
Jeda menuju produk anyar selanjutnya cukup banyak. Baru pada Oktober mereka merilis dua model edisi terbatas sekaligus yakni Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

Pada 2021, penjualan mobil Indonesia diperkirakan berjumlah 750 ribu unit, masih jauh dari masa sebelum pandemi yang di atas 1 juta unit. Tahun ini, pasar akan dibantu oleh insentif pajak mobil baru dari pemerintah mulai Maret – November. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar