Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pakai Basis Serupa, Ini Perbedaan Daihatsu Taft GT, Hiline, Rocky dan Independent

Panduan Pembeli

Pakai Basis Serupa, Ini Perbedaan Daihatsu Taft GT, Hiline, Rocky dan Independent

 

Daihatsu sudah sejak lama menjadi pabrikan yang piawai menciptakan mobil berkemampuan off road yang mumpuni. Salah satu model lawas yang masih dicari hingga saat ini ialah Daihatsu Taft. Mobil jip ini hadir dalam beberapa varian model yaitu Taft GT, Taft Hiline, Taft Rocky hingga ditutup dengan Taft Independent. 

Secara umum, untuk membedakannya yaitu pada Daihatsu Taft merupakan varian lengkap dengan penggerak 4 roda (4WD) dan mesin diesel, Daihatsu Hiline merupakan Taft tanpa penggerak 4 roda (2WD) bermesin diesel walau kemudian Hiline juga punya varian 4WD. 

Sementara itu untuk Rocky ini bila digambarkan seperti Taft GT versi wheelbase panjang, dengan atap resin. Untuk fitur yang ditawarkan ketiganya juga berbeda mengingat pangsa pasarnya yang juga berbeda. 

Mesin yang digunakan pada Taft GT, Docky dan Hiline keluaran pertama sampai sekitar 1989 memakai mesin diesel 4 silinder 2800cc dengan kode DL41 yang memakai timing chain. Pada tahun 1989, mesin ini digantikan dengan mesin diesel 4 silinder 2800cc dengan kode DL42 yang memakai timing belt.

Itu tadi sekilas gambaran soal masing-masing model, berikut ini pembahasan mendetail dari keempat varian Daihatsu Taft tersebut. 

Daihatsu Taft GT, SUV Tangguh Serba Bisa

Taft GT merupakan seri SUV dengan body yang paling mungil tapi memiliki varian yang lengkap. Jip ini tersedia dalam pilihan penggerak 4x2 dan 4x4.

Taft GT seri F70 didukung mesin diesel 4 silinder berkode DL41 2.765 cc. Tenaga maksimumnya hanya 72 hp pada 3.600 rpm dan torsi maksimumnya 170 Nm pada 2.200 rpm. 

Mesinnya dikenal bandel dan perawatannya gampang karena masih menggunakan timing gear sebagai penggerak katupnya. Sementara itu pompa injeksi masih menganut model in-line. Teknologi mesin yang sederhana ini bisa ditangani oleh bengkel umum, atau spesialis mesin diesel. 

Walau mobil lawas, tak perlu khawatir dengan ketersediaan sparepart Daihatsu Taft GT ini. Karena populasinya cukup banyak dan tersebar hingga ke penjuru Indonesia, maka kita masih cukup mudah mencari sparepart Taft GT ini hingga di kota kecil.

Daihatsu Taft Hiline (F69)

Khusus di Indonesia, Daihatsu juga meluncurkan Taft  berkode F69 versi 4x2 yang dinamai Hiline. Taft Hiline diluncurkan tahun 1986 dengan 3 varian wheelbase. 

Sebelum tahun 1988, Hiline series masih menggunakan mesin DL41, sedangkan setelah tahun 1988 Hiline series juga mendapat upgrade mesin DL42.

Taft Hiline terbagi dalam tiga varian yaitu:

  • Hiline GTS: short-wheelbase
  • Hiline GTX: medium-wheelbase
  • Hiline GTL: long-wheelbase

Taft GT dan Hiline GTS standarnya memiliki bodi 3 pintu dengan atap rata. Panjang sasis varian standar ini adalah yang paling pendek sehingga cukup lincah kala diajak bermanuver ditengah hutan.

Untuk Hiline tipe GTX spesifikasinya mirip Taft Rocky dimana pada bagian belakang memakai atap resin dengan jendela geser. Hiline juga tersedia dengan nama Hiline Bravo yang dibuat oleh karoseri Tugas Anda. Selain itu ada juga Daihatsu Hiline Ranger yang merupakan garapan karoseri Adhi Jaya Tama Mobilindo.

Varian pickup dengan nama Hiline Cargo bisa dikenali karena memiliki sasis panjang dengan bak tidak rata. Jip ini cukup populer digunakan untuk kebutuhan perkebunan hingga tambang di Sumatera dan Kalimantan.

Ada beberapa Hiline pesanan khusus yang dirancang berpenggerak 4×4 untuk varian GTS dan GTL. Hingga akhir masa produksinya di tahun 2007-2008, Taft Hiline semuanya menggunakan per daun.

Hal ini tujuannya karena Hiline banyak digunakan sebagai angkutan kargo, dimana per daun dianggap memiliki durabilitas yang lebih baik.

Daihatsu Taft Rocky, Dimensinya Membesar

Selain meluncurkan Taft GT, Daihatsu juga meluncurkan varian baru dari Taft yang diberi kode F75, yang kemudian lebih populer dinamakan sebagai Taft Rocky.

Daihatsu Rocky ini hadir dalam tipe body F75, turunan dari Taft dari kode F70 dan memakai layout medium wheelbase. Daihatsu Taft Rocky F75 mulai diproduksi secara global sejak 1984 dan mulai dipasarkan di Indonesia sekitar 1988.

Rocky memiliki spesifikasi teknis yang serupa Taft GT yaitu sama-sama berpenggerak 4x4. Berbeda dengan Taft GT yang atapnya paten, Taft Rocky memiliki atap removable yang terbuat dari resin. 

Selain itu wheelbase Rocky juga lebih panjang dibandingkan Taft GT walau sama-sama berkonsep SUV 3-pintu. Daihatsu Rocky ini memiliki body yang lebih besar dari pada varian Taft yang lainnya. Taft Rocky mempunyai dimensi panjang 4100 mm, lebar 1.660 dan tinggi 1.915 mm serta wheelbase 2.530 mm. 

Posturnya yang tinggi besar membuat penampilannya terlihat semakin gagah. Efek dari ukuran yang lebar ini berpengaruh pada interior yang lega. 

Posisi jok belakang juga sudah menghadap ke depan, tidak seperti Taft GT yang menghadap ke samping. Jelas membuat penumpang baris kedua lebih nyaman, karena ruang kaki cukup lega. Penumpang tidak 'adu dengkul' ala angkot karena duduk berhadapan. 

Daihatsu Taft Independent (F73), Seri Penutup Taft Series di Indonesia

Pada tahun 1996, Daihatsu meluncurkan generasi terakhir Taft yang diberi kode F73. Taft generasi ini juga disebut Taft Independent karena telah memakai suspensi independen (Independent front suspension) untuk roda depan dan gardan solid dengan per keong untuk roda belakang. Alasan penggunaan per keong supaya membuat Taft Independent lebih nyaman digunakan.

Secara eksterior tidak ada perbedaan bentuk yang signifikan antara F73 dengan F70 kecuali pada gril dan lampu bagian depannya. mesinnya juga tetap menggunakan mesin diesel DL42 2.8L (2.765 cc) yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan.



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang