Operasi Pengamanan Libur Natal dan Tahun Baru 2020 Dimulai Pekan Depan

Panduan Pembeli

Operasi Pengamanan Libur Natal dan Tahun Baru 2020 Dimulai Pekan Depan

JAKARTA – Operasi pengamanan libur Natal 2019 dan tahun baru 2020 akan dimulai pada awal pekan depan berlangsung selama 10 hari.

Operasi rutin tahunan yang selalu bernama sandi ‘Operasi Lilin Jaya’ itu, menurut Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Irjen Pol. Gatot Eddy, bakal berlangsung sejak Senin (23/12/2019) hingga 1 Januari 2020. Secara total pengamanan tahun ini berlangsung 10 hari.

Polda Metro Jaya sendiri telah menggelar Apel Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Jaya pada Kamis (19/12/2019) di Jakarta. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono bertindak sebagai Inspektur Apel dan hadir juga Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono. Apel diikuti oleh seluruh satuan Polda Metro Jaya, Dishub, Basarnas, Satpol-PP, Pemadam Kebakaran, tokoh pemuda dan organisasi masyarakat.

“Para personel nantinya akan mengedepankan tindakan preventif dan Preemtif, didukung kegiatan intelejen dan langkah-langkah hukum, guna memberikan rasa aman, dan nyaman kepada masyarakat dalam melaksanakan Natal dan perayaan tahun baru,” ujar Gatot Eddy di sela-sela apel, seperti dikutip dari laman daring NTMC Polri.

Ada enam target Polda Metro Jaya dalam Operasi Lilin Jaya 2019. Di samping meminimalisir gangguan keamanan, masalah premanisme, dan sweeping ormas, pengamanan harus pula kemacetan lalu lintas, kecelakaan lalu lintas, hingga menjaga harga pangan agar tidak melonjak.

Sementara itu, Eko Margiyono mengatakan dalam Operasi Lilin Jaya 2019 yang menjadi leading sektor adalah pihak Kepolisian. TNI akan membantu penuh dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020.

“Sinergitas TNI-POLRI yang sudah terjalin mari dijaga dan ditingkatkan, Jakarta menjadi barometer sehingga tidak boleh terjadi sekecil apapun gangguan Kamtibmas hingga menggangu stabilitas. Mari bersama-sama kita deteksi dini kejahatan, sehingga masyarakat dapat beribadah dengan tenang,” ujar Pangdam. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar