Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Download Gratis – iCar Asia Limited
4.4
33,336

Kepolisian Targetkan Angka Kecelakaan Libur Natal dan Tahun Baru Turun 20 Persen

Berita Otomotif

Kepolisian Targetkan Angka Kecelakaan Libur Natal dan Tahun Baru Turun 20 Persen

JAKARTA – Kepolisian menargetkan angka kecelakaan di masa liburan Natal 2019 dan tahun baru 2020 turun lagi dengan persentase dua digit.

Irjen Pol Istiono, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), optimistis dengan persiapan yang telah mereka lakukan di berbagai wilayah dalam rangka masa libur akhir tahun ini. Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar) pada penghujung 2019 ia yakini bakal lebih baik.

“Saya targetkan ada penurunan laka (kecelakaan) hingga 20 persen dari tahun sebelumnya,” ucap dia di sela-sela hari ketiga survei persiapan pengamanan arus mudik Natal dan tahun baru pada Rabu (11/12/2019) kemarin, seperti dikutip dari laman daring NTMC Polri.

Pada momen-momen seperti ini, kepolisian selalu mengadakan kegiatan pengamanan dengan sandi Operasi Lilin. Kepolisian belum membeberkan rentang waktu Operasi Lilin 2019, tapi sudah dipastikan operasi bakal dimulai sebelum 25 Desember dan sesudah 1 Januari 2020.

Adapun perkiraan puncak arus mudik libur Natal dan tahun baru kali ini menurut kepolisian adalah 21, 21, 25, dan 28 Desember. Sementara itu, menurut prediksi Kementerian Perhubungan, puncak arus mudik adalah 20 Desember (mobil pribadi), 21 Desember (bus) dan 27 Desember.

Lebih lanjut, Istiono tidak menyebutkan angka kecelakaan lalu lintas libur akhir 2018. Namun, menurut penelusuran Mobil123.com dari media massa arus utama, jumlahnya 602 kecelakaan.

Angka itu sendiri sudah turun 31 persen ketimbang libur akhir 2017. Ketika itu, jumlahnya adalah 869 kecelakaan.

Kakorlantas menyebut adanya kesiapan dari polda-polda beserta seluruh jajaran seperti dari Polda Jabar, Polda Jateng, Polda Jatim. Infrastuktur serta sarana prasarana transportasi juga siap dan koordinasi antar instansi juga bagus. Pada titik-titik gangguan kamseltibcar sudah disiapkan penanganan dengan bagus.

“Lokasi wisata, pelabuhan, pusat perekonomian dan tempat keramaian lain sudah di-manage dengan baik,” papar Kakorlantas.

Pembangunan infrastruktur jalan di berbagai daerah, baik itu jalan raya maupun ruas tol, yang dilakukan pemerintah menurutnya akan amat membantu kamseltibcar, seperti underpass di persimpangan empat Karanglo, Malang. Dia juga mengapresiasi atas resminya jalan tol Malang-Surabaya yang ia yakini kelak berdampak positif dengan menurunnya jumlah kecelakaan.

“Kemacetan juga sangat terbantu dengan adanya tol, tilang dan teguran juga menurun, karena sebagian pengguna jalan berpindah ke jalan tol,” ucap Kakorlantas. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar