Waktu Rehat di Rest Area Dibatasi pada Masa Libur Akhir Tahun

Berita Otomotif

Waktu Rehat di Rest Area Dibatasi pada Masa Libur Akhir Tahun

JAKARTA – Waktu beristirahat di rest area tol akan dibatasi selama masa libur akhir tahun untuk mencegah penumpukan kendaraan.

Seperti diketahui, momen libur Natal 2019 dan tahun baru 2020 akan segera tiba. Kepolisian memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada 21, 22, 25 dan 28 Desember.

Sedikit berlainan, Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik kelak terjadi pada 20 Desember (mobil pribadi), 21 Desember (bus) dan lanjut lagi pada 27 Desember.

Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) sendiri baru-baru ini kembali melakukan survei jalur mudik Natal dan Tahun Baru. Ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan keselamatan dan kelancaran arus mudik di akhir 2019 nanti.

Di saat bersamaan, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Istiono menjelaskan salah satu tempat yang bakal menjadi perhatian adalah rest area tol. Aparat kepolisian, menurutnya, akan turun ke lapangan untuk mengatur arus keluar – masuk kendaraan.

Demi mencegah penumpukan kendaraan, kepolisian pun bakal membatasi waktu rehat para pengendara. Rentang waktunya mungkin antara 30 – 60 menit.

“Kami kasih kavling. (Kendaraan) pertama datang, kami suruh jalan pakai waktu. Ada anggota yang mengatur. Waktu (istirahat pengendara)-nya 30 menit sampai 1 jam lah biar enggak numpuk,” papar Istiono, seperti dikutip dari laman daring NTMC Polri.

Terakhir, Istiono menyampaikan Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat akan mengerahkan para polwan untuk memimpin senam perengangan otot di siang dan sore hari. Target peserta senam ialah para pengendara.

“Nanti Dirlantas Polda Jabar yang punya konsep dilatihkan fungsinya memimpin senam perenggangan pada waktu siang dan sore,” pungkas Istiono.

Menurut survei daring Kementerian Perhubungan, sebanyak 48 persen masyarakat yang ingin berlibur di akhir tahun dengan tujuan domestik bakal memilih moda transportasi mobil pribadi. Total jumlah pengguna angkutan umum darat, laut, dan udara sendiri menurut proyeksi mereka mencapai 16,41 juta orang, naik tipis 0,18 persen dibandingkan libur akhir tahun sebelumnya.

Sebanyak 70 persen dari pergerakan arus libur akhir 2019 berkutat di seputar Jawa. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support