Renault Triber Punya Biaya Servis dan Harga Suku Cadang Setara LCGC

Berita Otomotif

Renault Triber Punya Biaya Servis dan Harga Suku Cadang Setara LCGC

TANGERANG - Tidak hanya harga jual Renault Triber yang akan diposisikan setara mobil-mobil low cost green car (LCGC). Ongkos servis serta harga suku cadangnya pun demikian.

Triber, mobil murah kedua Renault di Indonesia setelah Kwid, akhirnya meluncur di Indonesia, meski harganya sendiri masih belum diumumkan secara terbuka. Kemunculan perdananya di depan publik memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung pada 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang.

Triber bakal diposisikan di kelas low multi purpose vehicle (LMPV) dengan para pesaing seperti Toyota Avanza, tapi harganya dipastikan akan setara dengan LCGC semisal Toyota Calya. Satu hal lain yang Renault buka mengenai strategi Triber bersaing di kelas adalah cost of ownership (biaya kepemilikan total) yang diklaim bakal jadi termurah di kelasnya.

“Cost of ownership Triber yang berarti biaya servis dan lain sebagainya akan kami jadikan terbaik di kelasnya,” tandas Davy J. Tuilan, Chief Operating Officer PT. Maxindo Renault Indonesia (MRI) menanggapi pertanyaan Mobil123.com saat diwawancarai di sela-sela pameran.

Menurut klaim dia, ongkos servis maupun harga suku cadang Triber pun bisa dikomparasikan dengan mobil-mobil LCGC. Harga dan cost of ownership luar biasa terjangkau ia katakan sebagai dua strategi kunci, selain pengembangan jaringan penjualan plus purnajual.

“Bisa saya katakan, kami akan berkompetisi dengan cost of ownership dari mobil-mobil LCGC,” akunya.

Sebagai informasi, Triber memanggul mesin 1.0-liter 72hp 96 Nm dengan empat varian dan enam tipe. Dua varian terendah, RXE dan RXL, hanya mempunyai transmisi manual sedangkan dua varian lain yakni RXT dan RXZ ditawarkan dengan opsi manual maupun otomatis.

Triber diklaim bisa memuat dua orang dewasa secara cukup lega di kursi baris ketiga. Kursi pada baris itu juga bisa dibuka-pasang dengan mudah.

Fitur-fiturnya antara lain 4 airbag (pertama di kelasnya), sensor parkir, sistem peringatan kecepatan. Ada pula fitur hiburan layar sentuh 8 inchi dengan konektivitas Apple CarPlay maupun Android Auto plus Voice Command.

“Mobil kami ini secara dimensi, fitur, value berani diadu dengan LMPV tapi secara harga kami punya keinginan meletakkannya bersaing dengan LCGC,” tutup Davy. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar