Harga Renault Triber Calon Lawan Avanza dan Xpander Bisa Setara Calya

Berita Otomotif

Harga Renault Triber Calon Lawan Avanza dan Xpander Bisa Setara Calya

JAKARTA - Harga Renault Triber di pasar Indonesia berpotensi setara dengan Toyota Calya, karena sang pabrikan mengaku sedang berupaya agar banderolnya bisa semurah mobil-mobil low cost green car (LCGC).

Renault ingin lebih ‘terdengar’ di pasar otomotif Indonesia mulai 2019 dengan meluncurkan kendaraan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Modelnya sendiri akhirnya ketahuan, yakni Triber.

Davy J. Tuilan, Chief Operating Officer PT. Maxindo Renault Indonesia (MRI), sejak beberapa bulan lalu mengatakan pihaknya menargetkan harga Triber bisa 'menyenggol' segmen di bawahnya yakni LCGC yang diisi model-model seperti Toyota Calya, Toyota Agya, Daihatsu Sigra, Daihatsu Ayla. Target tersebut, hingga dua bulan menjelang peluncurannya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada 18 Juli, masih ‘on the track’.

“Sejauh ini tujuan kami masih itu. Cuma, saya masih belum bisa sebutkan harganya kisaran berapa. Masih dalam progres,” ucapnya meladeni pertanyaan Mobil123.com dalam Buka Puasa Bersama Media Massa beberapa hari lalu di Jakarta.

Triber nantinya diimpor secara utuh (Completely Built-Up/CBU) dari India. Di ‘Negeri Hindustan’ sendiri, peluncurannya bakal terjadi pada 19 Juni. Berdasarkan pemberitaan media-media massa di sana, harga varian terendahnya, jika dirupiahkan, setara dengan sekitar Rp 114 juta.

Davy belum membeberkan berapa besar selisih Triber di Indonesia, jika dibandingkan dengan India. Ia hanya mengatakan bahwa pemosisian harganya di pasar otomotif Tanah Air kelak amat terbantu oleh perjanjian perdagangan bebas (Free Trade Agreement/FTA) antara India dengan negara-negara kawasan Asia Tenggara.

“Kalau menurut saya, yang menjadi pertanyaan adalah bukan lebih mahal atau tidak (dibanding India) tapi apakah produk itu bisa bersaing dengan produk-produk di sini atau enggak? Selama kami hitung secara bisa bersaing dengan kompetitor yang ada di sini tidak ada masalah (lebih mahal atau tidak). Apalagi India dengan ASEAN ada FTA. Bea masuk dari sana ke Indonesia cuma 5 persen,” paparnya.

LCGC terdiri dari hatchback dan multi purpose vehicle (MPV). Jika melihat bahwa Triber pun sama-sama MPV, mungkin saja yang kelak ‘disenggol’ oleh Triber ialah model-model LCGC MPV semisal Calya, Sigra, maupun Datsun Go+ Panca. Sebagai gambaran, banderol Calya berdasarkan situs resmi Toyota adalah Rp 138,85 - 156,4 juta on-the-road Jakarta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar