Nissan Tambah Investasi Guna Tingkatkan Produksi di China

Berita Otomotif

Nissan Tambah Investasi Guna Tingkatkan Produksi di China

BEIJING – Nissan Motor Co. berencana untuk melakukan investasi sebesar $900 juta untuk meningkatkan produksi kendaraannya di China hingga 40 persen pada 2021.

Dengan investasi ini maka kapasitas produksi China akan mencapai 2,1 juta per tahun. Investasi tersebut termasuk pada rencana investasi sebesar $8,73 miliar yang direncanakan Nissan untuk masuk sebagai tiga produsen mobil terbesar di dunia.

Nissan dan rekan joint-venture mereka yaitu Dongfeng Group berencana untuk membuat menanamkan investasi ini secara bertahap. Hal ini karena mereka melihat bahwa pasar China masih terbesar di dunia.

Nissan berhasil menjual sebanyak 1,5 juta kendaraan tahun lalu. Pada tahun 2022, diharapkan jumlah mobil Nissan yang terjual bisa mencapai 2,6 juta unit per tahunnya. Hal tersebut diharapkan bisa tercapai dengan melaksanakan beberapa strategi terbaru mereka.

Salah satunya adalah dengan mulai fokus untuk memproduksi mobil listrik dan Venucia, merk Nissan di China. Dua segmen tersebut diperkirakan akan meningkat tajam di masa depan. Apa lagi bila melihat bahwa penjualan kendaraan komersial ringan lebih baik lagi.

Nissan dan Dongfeng akan menggunakan dua fasilitas produksi yang sudah ada untuk memproduksi mobil penumpang Nissan. Selain itu mereka juga akan membangun pabrik baru di Wuhan yang merupakan kantor pusat dari Dongfeng. Bila disetujui, maka pabrik tersebut akan memiliki kapasitas produksi mencapai 300.000 unit per tahun.

Langkah yang dilakukan oleh Nissan ini memang terbilang masuk akal. Pasalnya Toyota juga telah melakukan hal yang sama dengan meningkatkan kapasitas produksinya. Toyota berencana untuk menambah produksinya sebesar 240.000 per tahun atau sekitar 20 persen dari jumlah produksinya saat ini yaitu 1,16 juta unit per tahun. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual