Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Nissan Tunda Pemilihan Pengganti Carlos Ghosn

Berita Otomotif

Nissan Tunda Pemilihan Pengganti Carlos Ghosn

TOKYO – Nissan menunda untuk menunjuk pengganti Carlos Ghosn di posisi Chairman, beberapa nama bersaing untuk menjadi pemimpin baru mereka.

Para petinggi Nissan masih gagal untuk memberikan rekomendasi siapa yang dianggap layak untuk menggantikan Ghosn. Kondisi ini disebut sama dengan yang terjadi di Renault. Nissan sendiri disebut sudah menolak rekomendasi dari Renault.

Penunjukan pengganti Ghosn memang terbilang sulit. Nissan menunjuk Masakazu Toyoda salah satu direktur Nissan, Jean-Baptiste Duzan, mantan Executive Renault dan Keiko Ihara, pembalap mobil Jepang untuk menyeleksi nama-nama orang yang pantas untuk duduk kursi panas. Setelah itu nama rekomendasi akan dibahas kembali pada 17 Desember 2018.

Meski demikian, ada satu nama calon yang sangat potensial. Ia adalah Hiroto Saikawa yang saat ini menjabat sebagai CEO Nissan yang merupakan otak pendorong penyelidikan laporan keuangan Ghosn. Sementara masih ada pilihan lain yaitu Toshiyuki Shiga, mantan orang kepercayaan Ghosn.

Naiknya Saikawa ke posisi Chairman akan memperkuat kekuatannya di Nissan, yang ingin mendorong kemitraan lebih adil bersama Renault di dalam aliansi setelah mereka menyingkirkan Ghosn. Keseimbangan kekuatan Nissan kini mengarah ke Saikawa yang sebelumnya adalah anak asuh Ghosn menjadi salah satu kritikus paling vokal.

Sementara itu, Shiga juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Ia tetap memiliki kesempatan yang cukup besar untuk menjadi Chairman. Hal ini karena bila Ia memimpin konon akan menghasilkan manajemen yang lebih ‘aman’ tanpa ada satu pihak merasa keberatan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang