Nissan Kicks e-Power Mulai Dikirim ke Konsumen Indonesia Bulan Depan

Berita Otomotif

Nissan Kicks e-Power Mulai Dikirim ke Konsumen Indonesia Bulan Depan

JAKARTA – Nissan Kicks e-Power resmi meluncur di Indonesia pada awal September 2020, namun pengirimannya baru dilakukan mulai Oktober.

Kicks e-Power menjalani peluncuran virtual pada Rabu (2/9/2020) malam, melalui akun YouTube resmi Nissan Indonesia. Mobil ramah lingkungan ini hanya terdiri dari satu tipe dan empat pilihan warna, dengan harga on-the-road Jakarta Rp 499 juta.

Bagus Susanto selaku Marketing Director PT. Nissan Motor Distribution Indonesia, di dalam introduksi virtual, mengatakan bahwa konsumen bisa meminta test drive atau memesan unit mulai hari itu juga. Akan tetapi, distribusi unit kepada pemesan baru dilakukan bulan depan.

“Pengiriman kendaraan kendaraan akan dimulai Oktober depan,” tegas dia tanpa menjelaskan alasannya.

Sport utility compact (SUV) kompak ini adalah model Nissan pertama yang mengusung teknologi e-Power serta One-pedal Operation di Indonesia. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara pertama di dunia yang memasarkan mobil berteknologi e-Power dari Nissan.

Di sistem e-Power, keempat roda mobil digerakkan sepenuhnya oleh motor listrik yang mendapatkan daya dari baterai lithium ion. Namun, mobil tidak perlu dicas karena sumber energi baterai berasal dari mesin konvensional yang perannya hanya sebagai generator—tidak ikut menggerakkan kendaraan.

Mesin juga dapat mengirimkan daya listrik langsung ke roda jika dibutuhkan untuk dorongan lebih. Ini dilakukan lewat komponen inverter.

Adapun One-pedal Operation merupakan fitur yang memungkinkan pengemudi melakukan akselerasi maupun deselerasi kendaraan hanya lewat pedal gas. Caranya, tinggal menambah atau mengurangi tekanan pada pedal.

Kicks e-Power dipersenjatai mesin bensin 1.2-liter DOHC, 12-valve, tiga silinder. Melalui generator dan inverter, mesin menyuplai daya bagi baterai lithium-ion atau menggerakkan motor listrik EM57 dengan daya maksium 127 hp plus torsi puncak 260 Nm.

SUV penumpang ini mempunyai ground clearance 175 mm, dengan kapasitas bagasi 423 liter. Fiturnya sendiri terbilang ciamik.

Untuk keselamatan, ada Nissan Safety Shield System yang terdiri dari Intelligent Forward Collision Warning dan Intelligent Emergency Braking System. Masih ada lagi Blind Spot Warning, Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Trace Control, Hill Start Assist.

Fitur lain misalnya adalah Intelligent Cruise Control. Kursinya berteknologi Zero Gravity yang dikembangkan Nissan di ruangan tanpa gravitasi. Fungsinya adalah untuk mengurangi kelelahan terutama untuk perjalanan jarak jauh. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar