Nissan Kicks e-Power akan Meluncur di Indonesia pada 2 September 2020

Berita Otomotif

Nissan Kicks e-Power akan Meluncur di Indonesia pada 2 September 2020

JAKARTA – Nissan Kicks e-Power dipastikan meluncur di Indonesia pada awal September 2020 via YouTube.

Nissan, melalui keterangan resmi pada Rabu (19/8/2020), mengumumkan hitung mundur 15 hari peluncuran Kicks e-Power di Nusantara. Introduksinya kepada publik Tanah Air bakal terjadi secara virtual via YouTube resmi Nissan Indonesia pada 2 September 2020 pkl.19.00 WIB.

Kicks e-Power nantinya menjadi model e-Power pertama Nissan di negeri ini. Nissan menjadikan teknologi ini sebagai transisi menuju mobil listrik murni.

“Dalam 15 hari, Nissan akan mengubah dunia otomotif Indonesia. Peluncuran e-POWER ini menandakan era baru, di mana Nissan menghadirkan teknologi inovatif terbaik kepada para pelanggan kami. e-POWER adalah teknologi pertama di dunia dan mewakili langkah berani elektrifikasi Nissan di Indonesia,” kata Isao Sekiguchi, Presiden Direktur Nissan Indonesia.

Kecanggihan e-Power sebenarnya sudah pernah dipamerkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Ketika itu, e-Power dipasangkan di hatchback Note.

Teknologi ini berasal dari Nissan Leaf, kendaraan listrik 100 persen pertama yang dipasarkan secara massal di dunia, dengan lebih dari 470.000 unit terjual secara global hingga saat ini. Berbeda dengan sistem pada mobil listrik murni, e-POWER menyertakan mesin bensin dengan generator listrik, inverter, baterai, dan motor listrik.

Di dalam e-Power, roda-roda digerakkan sepenuhnya oleh motor listrik yang mendapat tenaga dari baterai. Adapun daya baterai diisi oleh mesin bensin.

Mesin tidak hanya mengisi baterai tetapi juga mengalirkan listrik, melalui inverter, langsung ke motor. Saat akselerasi ekstra diperlukan atau saat mendaki tanjakan terjal, motor listrik menerima tenaga dari baterai dan mesin untuk meningkatkan kinerjanya.

e-Power membuat kendaraan tak perlu dicas meski bergerak dengan motor listrik dan baterai. Teknologi ini juga memberikan efisiensi bahan bakar yang unggul dan emisi yang lebih rendah, dibandingkan dengan mesin bensin.

Indonesia diklaim sebagai salah satu negara pertama di dunia yang memasarkan serta menjual mobil-mobil e-Power Nissan.

“Indonesia secara strategis dipilih untuk memperkenalkan teknologi e-POWER yang terkenal dari Nissan. Saatnya mengubah cara kita berkendara dengan sensasi berkendara mobil listrik yang berani. Sama seperti mobil yang luar biasa ini, acara peluncurannya juga akan memberikan banyak kejutan kepada Anda, para pelanggan kami. Mari kita mulai penghitungan mundur.” tutup Sekiguchi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar