Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Nissan Dikabarkan akan Gugat Cerai Renault

Berita Otomotif

Nissan Dikabarkan akan Gugat Cerai Renault

TOKYO – Para eksekutif Nissan dikabarkan tengah melaksanakan rencana yang bertujuan untuk berpisah dengan Renault.

Rencana tersebut dikabarkan telah ada sejak Carlos Ghosn, mantan Chairman Nissan ditangkap di Tokyo karena mengurangi jumlah pendapatannya pada laporan keuangan. Dalam rencana tersebut bahkan dikabarkan akan membuat pemisahan total mulai dari pengembangan dan manufaktir serta Dewan Pimpinan Nissan.

Kaburnya Ghosn dari Jepang pun menjadi dikabarkan bisa menjadi salah satu alasan Nissan untuk memetakan potensi perpisahannya dengan Renault. Ini menunjukkan bahwa perseteruan antara Nissan dan Renault masih belum selesai.

Meski sudah dilakukan sejumlah langkah untuk memperbaiki hubungan, hubungan Nissan dan Renault mungkin justru dapat berpotensi merugikan diri sendiri. Kabarnya banyak pimpinan Nissan yang yakin bahwa Renault hanya hambatan bagi mereka untuk berkembang.

Hingga saat ini masih belum jelas perpisahan di antaranya akan seperti apa, terlebih Renault merupakan pemilik saham terbesar Nissan dan mereka tampaknya masih berusaha untuk memperbaiki hubungan. Bahkan Jean-Dominique Senard, Chairman Renault berencana untuk mengumumkan sejumlah proyek kerjasama untuk aliansi dalam beberapa pekan ke depan.

“Kami tidak akan bertahan bila tidak bergerak cepat, saat ini untuk melakukan sharing yang sebenarnya,” tegas Senard.

Guna memuluskan jalan, Makoto Uchida, CEO Nissan pun dikabarkan telah bekerja sangat dekat dengan Senard untuk meluncurkan proyek ini.

Namun, dengan penunjukan Uchida sebagai CEO Nissan dinilai tetap gagal untuk meredakan ketidakpercayaan terhadap Renault. Rencana pisah dengan Renault tampaknya masih akan terus berlangsung karena ekseutif Nissan dikabarkan tengah mencari tahu apa saja yang diperlukan untuk mengembangkan serta memproduksi kendaraan sendiri. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang