Renault Tidak akan Ambil Alih Kepemilikan Nissan dan Mitsubishi

Berita Otomotif

Renault Tidak akan Ambil Alih Kepemilikan Nissan dan Mitsubishi

TOKYO – Renault dipastikan tidak akan mengakuisisi Nissan Motor dan Mitsubishi Motors Corp sebagai anak perusahaannya.

Hal tersebut disampaikan oleh alliance chairman Carlos Ghosn beberapa hari lalu. Kemitraan antara ketiganya memang terbilang unik karena masing-masing brand mempertahankan keunggulannya masing-masing meski tetap melakukan kerjasama dalam pengembangan kendaraan.

“Siapapun yang menanyakan apakah Nissan dan Mitsubishi akan menjadi anak perusahaan dari Renault, kemungkinannya adalah nol persen,” ungkap Ghosn saat rapat pemegang saham Mitsubishi Motors.

Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi berhasil menjelma menjadi produsen otomotif paling laris di dunia pada tahun 2017. Kombinasi ketiganya berhasil mengalahkan Volkswagen Group dan Toyota yang sebelumnya bersaing untuk menjadi produsen terlaris.

Dengan bergabung dalam aliansi maka Renault, Nissan dan Mitsubishi berhasil menekan biaya pengembangan kendaraan, pengadaan komponen dan produksi kendaraan. Dengan demikian maka masing-masing brand tidak akan saling mengalahkan.

Mereka juga saling memiliki saham satu sama lain. Renault misalnya yang memiliki saham sebesar 43,4 persen di Nissan sementara Nissan memiliki 15 persen saham Renault. Sementara Mitsubishi yang baru bergabung oleh Aliansi pada 2016, 34 persen sahamnya dimiliki oleh Nissan.

Ghosn juga menegaskan bahwa fokus aliansi adalah untuk menjual lebih banyak mobil dan meningkatkan pendapatan dengan mengurangi proses berulang. Ia pun ingin agar ketiga produsen mempertahankan kemandiriannya dan tidak mengikuti rival-rival mereka.

“Kita harus berkerjasama untuk menemukan sistem terbaik dan melanjutkan di masa depan untuk menjadi yang terdepan. Kita harus membuktikan bahwa ini akan terus berlanjut mulai dari 5 tahun, 10 tahun atau bahkan 15 tahun ke depan,” pungkasnya. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support