Nissan Masih Sembunyikan Jumlah SPK All-New Livina, Ada Apa?

Berita Otomotif

Nissan Masih Sembunyikan Jumlah SPK All-New Livina, Ada Apa?

SEMARANG - Nissan belum mau mengungkapkan jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) terakhir All-New Livina.

All-New Livina pertama kali diperkenalkan pada 19 Februari dengan kisaran harga Rp 189 - 261 juta on-the-road Jakarta. Distribusinya dari pabrik ke dealer (wholesales) sendiri, menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) baru dimulai pada Maret.

Ini berarti sudah hampir empat bulan low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut beredar di pasar. Akan tetapi, ketika Mobil123.com menanyakan perolehan SPK All-New Livina, Isao Sekiguchi selaku Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) masih bungkam.

Sekiguchi belum mau membeberkan karena menurutnya kondisi pasar sedang tidak normal karena terpengaruh situasi politik sebelum, selama, dan setelah Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden yang berlangsung pada 17 April. Karena itu, ia menilai perolehan SPK terkini ‘belum merupakan potensi sesungguhnya dari Livina’ sehingga lebih baik disimpan dulu.

“Sangat sulit melihat bagaimana pasar bagi model ini sesungguhnya karena penjualan mobil total pada April dan Mei juga sedang turun. Jika saya lihat, beberapa kompetitor lain juga turun cukup besar. Jadi buat kami sekarang, strategi kami adalah bukan menetapkan berapa target penjualan tapi bagaimana berusaha keras mendorong penjualan setiap hari,” papar dia di sela-sela Media Test Drive All-New Livina pada 24 - 25 Juni dari Semarang hingga Yogyakarta.

Wholesales kendaraan yang kini menggunakan platform Mitsubishi Xpander tersebut, berdasarkan data Gaikindo, berjumlah 3.086 unit pada Maret dan April. Data Mei dan Juni sendiri belum tersedia.

Dari total volume itu, sebanyak 2.435 unit disuplai pada Maret. Adapun pada April, bulannya Pemilu, distribusinya cuma 651 unit.

Sekiguchi menjelaskan pihaknya saat ini berupaya mendongkrak penjualan All-New Livina dengan melakukan pameran di berbagai mal. Mereka juga akan mendorong habis-habisan penjualannya di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang.

“Sepertinya semua merek akan habis-habisan di GIIAS. Kami juga akan menggelar beragam promosi penjualan di sana dan melihat bagaimana situasi berjalan,” tutup dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support