2.435 Unit All-New Nissan Livina Diterjunkan ke Pasar pada Maret 2019

Berita Otomotif

2.435 Unit All-New Nissan Livina Diterjunkan ke Pasar pada Maret 2019

JAKARTA - Hampir 2.500 unit All-New Livina diterjunkan ke pasar pada bulan pertama distribusinya, Maret kemarin.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) All-New Livina baru dimulai sejak Maret. Adapun jumlahnya adalah 2.435 unit.

Wholesales sendiri tidak bisa menjadi tolok ukur penjualan riil model yang turun segmen dari medium multi purpose vehicle ke low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut. Sayang, data Gaikindo tidak mengungkapkan penjualan retail (dari dealer ke konsumen) per kendaraan.

Sekadar mengingatkan, All-New Livina meluncur di Indonesia pada Januari tahun ini, setelah model tersebut ‘mati suri’ selama beberapa tahun. Mobil dengan biaya perawatan berkala Rp 7 juta hingga 100 ribu km ini menggunakan platform Mitsubishi Xpander, LMPV yang dirilis pada Agustus 2017, serta diproduksi di pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi.

Hal ini bisa terjadi karena prinsipal Mitsubishi di Jepang telah dibeli 34 persen sahamnya oleh kantor induk Nissan pada akhir 2016. Merek berlogo tiga berlian ini pun menjadi bagian dari aliansi Renault-Nissan dan saling bertukar sumber daya produksi seperti platform serta komponen.

Ada lima tipe All-New Livina yang dipasarkan di Tanah Air. Urutan tipe terendah sampai tertinggi beserta harganya ketika baru diperkenalkan adalah E MT (Rp 198,8 juta), EL MT (Rp 223 juta), EL AT (Rp 233 juta), VE AT (Rp 249,9 juta), VL AT (Rp Rp 261,9 juta).

Tipe VE AT Terbanyak
Hingga kini, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai agen tunggal pemegang merek tidak membuka jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk All-New Livina sejak peluncurannya. Akan tetapi, secara wholesales, tipe VE AT menjadi kontributor terbanyak dengan volume 1.476 unit.

Kontributor kedua adalah tipe tertinggi, VL AT, dengan volume 524 unit. Selanjutnya secara berturut-turut adalah EL AT (257 unit), EL MT (162 unit), E MT (16 unit).

All-New Livina sendiri berhadap-hadapan dengan banyak pesaing di segmen LMPV. Dari sesama merek Jepang, ada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga.

Dari merek China, ada Wuling Confero. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support