Nekat Curi Kendaraan Tempur Militer, Maling ini Terancam Hukuman Berat

Berita Otomotif

Nekat Curi Kendaraan Tempur Militer, Maling ini Terancam Hukuman Berat

CALIFORNIA - Seorang pencuri nekat Humvee milik militer yang berada di gudang senjata milik National Guard di Bell, California, Amerika Serikat dan menghadapi masalah hukum sangat serius.

Humvee dengan spek militer lengkap siap tempur tersebut dilaporkan hilang pada 17 Januari 2021 sekitar pukul 08.15 waktu setempat. Para petugas di pangkalan militer tersebut langsung tersadar bahwa ada alusitanya yang hilang.

Mereka kemudian melaporkan kehilangan ini kepada FBI dan kemudian segera bergerak. Biro Investigasi Federal Amerika Serikat tersebut langsung mengambil langkah-langkah strategis serta melibatkan publik secara luas.

FBI hari itu juga menyebar foto Humvee militer yang hilang di semua jaringan media termasuk media sosial. Dan beberapa hari kemudian tepatnya 21 Januari 2021 mobil tempur tersebut berhasil ditemukan di wilayah Vernon, Los Angeles.

Tidak dijelaskan secara detail apakah mobil tersebut ditemukan oleh warga sipil, polisi atau agen FBI. Akun Twitter resmi FBI merilis foto tampak Humvee milik National Guard telah diketemukan dan sekali lagi meminta pertolongan informasi publik untuk menemukan pelakunya.

Yang menarik, FBI meminta publik untuk berperan aktif melaporkan jika melihat atau mendengar sesuatu mencurigakan berkaitan dengan kasus pencurian ini. Dan mereka siap memberikan hadiah $ 10 ribu atau sekitar Rp 140 jutaan bagi siapa saja yang melaporkan serta mengarah langsung ke pelaku untuk ditangkap.

Jika berhasil ditangkap, pencuri nekat tersebut akan menghadapi maksimal hukuman 10 tahun di penjara Federal Amerika Serikat. 

humvee militer dicuri
Ada 2 sisi yang bisa diambil dari kejadian hilangnya kendaraan militer dengan harga setara Rp 1.7 miliar. Pertama begitu mudahnya untuk mencuri di pangkalan militer yang seharusnya memiliki penjagaan super ketat.

Yang kedua, ini maling tergolong sangat nekat dan boleh dibilang konyol. Mengapa harus mencuri kendaraan militer yang tampak mencolok dan sangat mencari perhatian serta kemungkinan jarang sekali peminat untuk membelinya karena merupakan "barang panas".

Sampai berita ini dibuat, belum ada kabar mengenai tertangkapnya pencuri mobil tersebut. Dan satu hal tak kalah penting, belum ada informasi pasti apakah ada senjata di Humvee milik National Guard yang hilang.  Karena sungguh berbahaya jika ada senjata militer yang hilang kemudian digunakan untuk melakukan kejahatan lainnya.

[Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar