Mobil Toyota dan Daihatsu Buatan Indonesia Tambah Laris di Luar Negeri

Berita Otomotif

Mobil Toyota dan Daihatsu Buatan Indonesia Tambah Laris di Luar Negeri

TANGERANG - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim bahwa mereka berhasil meningkatkan jumlah ekspor kendaraan (Complete Built Up/ CBU) bermerk Toyota.

Pada periode Januari-September 2019, mereka sudah mengekspor sebanyak 158,700 unit atau meningkat tipis sebesar 3% dibandingkan capaian tahun lalu dengan periode yang sama dengan jumlah 154,600 unit. Mobil-mobil yang diekspor adalah Kendaraan ekspor tersebut adalah Fortuner, Innova, Vios, Yaris, Sienta, Rush, Avanza, Agya dan Townace/Liteace.

Peningkatan jumlah ekspor tersebut dinilai sebagai prestasi tersendiri karena kondisi ekonomi global dinilai kurang stabil. Kondisi tersebut merupakan hal yang tidak terhindarkan dan berada di luar kontrol eksportir. Untuk mengatasinya, Toyota Group termasuk Daihatsu mencari peluang negara baru, termasuk ke kawasan Amerika Tengah dan Selatan serta beberapa negara Mekong.

“Selama lebih dari 30 tahun, brand Toyota diuji untuk menghadapi berbagai macam kondisi global. Naik turun kinerja ekspor telah kami alami sehingga menjadi pelajaran berharga dalam menyusun langkah-langkah strategis berikutnya,” ungkap Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN.

Selain mengekspor kendaraan utuh, sepanjang bulan Januari hingga September 2019, Toyota juga mengapalkan kendaraan terurai (Complete Knock Down/CKD) sebanyak 34,300 unit, mesin utuh tipe TR dan NR baik yang berbasis bahan bakar bensin maupun etanol sebanyak 93.100 unit serta komponen kendaraan sebanyak 73,8 juta buah. Sebanyak lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Pasifik, Timur Tengah, Amerika Tegah dan Selatan serta Afrika menjadi destinasi ekspor Toyota.

Konsistensi brand Toyota dalam mempertahankan dan meningkatkan kinerja ekspor diganjar oleh sebuah penghargaan dari pemerintah Indonesia yaitu Primaniyarta. Tahun ini merupakan kali ke-10 bagi TMMIN menerima penghargaan ekspor untuk kategori “Eksportir Berkinerja”. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support