Mobil-mobil Hybrid di IIMS 2018 yang Berpotensi Dijual di Indonesia

Berita Otomotif

Mobil-mobil Hybrid di IIMS 2018 yang Berpotensi Dijual di Indonesia

JAKARTA – Era mobil hybrid dan mobil listrik sepertinya semakin dekat di Indonesia dan mulai terasa di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Hal ini dengan hadirnya berbagai kendaraan yang mengusung teknologi tersebut.

Pemerintah Indonesia memang sudah mencanangkan target agar 20 persen pasar otomotif domestik di 2025 diisi oleh mobil hybrid atau juga listrik, atau sekitar 400 ribu unit. Pemerintah pun kini sedang menggodok insentif pajak bagi mobil-mobil ramah lingkungan dalam regulasi low carbon emission vehicle (LCEV), yang ditargetkan terbit tahun ini.

Berbagai merek kendaraan pun lantas menghadirkan mobil hybrid atau listrik di IIMS 2018, yang berlangsung pada 19-29 April di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Adapun pabrikan-pabrikan besar yang memboyong mobil ‘hijau’ ke pameran tersebut menurut pantauan Mobil123.com adalah Mercedes-Benz dan Mitsubishi. Mercedes memperkenalkan E 350e EQ Power berteknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), sementara Mitsubishi mengedepankan Outlander PHEV. Dua model ini sama-sama memiliki system penggerak hybrid.

Pada Februari kemarin, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Roelof Lamberts sudah mengungkapkan bahwa pihaknya pasti memanfaatkan insentif pajak. Tanpa menyebut secara rinci modelnya, pabrikan asal Jerman itu menjelaskan akan meluncurkan mobil hybrid tahun ini dan E 350e diakui sebagai salah satu kandidat. Kompetitor abadi BMW ini sendiri secara total akan meluncurkan 10 model di 2018.

“Kami punya E350 E, C350 E, dan tahun depan akan ada S560 E,” kata Lamberts saat itu mengenai kandidat-kandidat mobil hybrid untuk Indonesia.

Mitsubishi, di sisi lain, memperlihatkan Outlander PHEV kepada pengunjung IIMS 2018. Model ini sendiri sempat ingin dibawa 4-5 tahun lalu, tapi dibatalkan karena perhitungan harganya terlalu mahal dan permasalahan infrastruktur listrik rumah tangga.

Tahun ini, Mitsubishi memberikan Outlander PHEV kepada pemerintah untuk dipelajari. Mitsubishi juga menyatakan tetap mempelajari potensi mengaspalkannya di pasar nasional dengan insentif pajak.

Karya Universitas dan Test Drive
IIMS 2018 diramaikan pula prototipe mobil-mobil listrik karya universitas berjumlah empat unit. Di antaranya adalah Kaliurang Unisi Generasi 3 hasil karya Ulil Albab Student Center (UASC) Electric Vehicle. tim di bawah naungan Universitas Islam Indonesia.

Terdapat pula test drive mobil-mobil hybrid di IIMS 2018 untuk E 350e plus Outlander PHEV. Terparkir pula BMW i8, sedan sport hybrid yang sudah mengaspal di negeri ini tanpa insentif pajak. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual