Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 Bisa Ditest Drive di IIMS 2018

Berita Otomotif

Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 Bisa Ditest Drive di IIMS 2018

JAKARTA – Dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 juga dimanfaatkan oleh sejumlah mahasiswa untuk memamerkan karya mobil listriknya.

Salah satunya adalah Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 hasil karya Ulil Albab Student Center (UASC) Electric Vehicle. Tim yang berada di bawah naungan Universitas Islam Indonesia ini menunjukkan bahwa anak bangsa mampu berinovasi dalam perkembangan teknologi. Menariknya lagi, pengunjung juga dapat mencoba mobil listrik langsung di arena yang telah disediakan.

Beragam teknologi telah disematkan pada mobil ini. Umumnya, teknologi yang disematkan memang disesuaikan untuk kebutuhan penelitian dan pengembangan mobil listirk di masa depan.

Salah satunya adalah penggunaan teknologi android yang telah memanfaatkan sistem telemetri dan menyerupai teknologi pada mobil Formula 1. Selain itu, mobil ini juga telah dilengkapi dengan sistem IoT (Internet of Things), teknologi yang dapat membantu sistem kerja meng-update status kondisi mobil.

Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 juga dilengkapi sistem Live Streaming (biasanya dilakukan di Facebook atau Instagram), memungkinkan untuk tim ataupun orang lain menyaksikan secara real kondisi pada saat mobil mengikuti balapan.

Menariknya lagi, sejumlah komponen Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 pun diklaim telah siap untuk dirakit secara lokal dan dijual umum. Sebut saja controller, baterai dan BMS (Baterai Management System)

Diharapkan, riset yang dilakukan oleh Tim UASC dapat menghasilkan partisi-partisi dengan inovasi baru sehinga mampu menembus pasar. Dan tidak hanya dalam skala nasional namun juga internasional. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang