Mobil Listrik Nissan Leaf Tak Lama Lagi Meluncur di Indonesia

Berita Otomotif

Mobil Listrik Nissan Leaf Tak Lama Lagi Meluncur di Indonesia

JAKARTA – Mobil listrik Nissan Leaf meluncur di Indonesia dalam waktu dekat, menurut eksekutif Nissan di Asia Tenggara.

Isao Sekiguchi selaku Regional Vice President Marketing and Sales Nissan ASEAN mengatakan bahwa sejak beberapa tahun terakhir mereka terus memperkenalkan kendaraan terelektrifikasi di region ini serta di Hong Kong. Misalnya saja Leaf, mobil listrik produksi massal pertama di dunia, yang sudah mengaspal di Singapura, Malaysia, Thailand, serta Hong Kong.

Dua negara ASEAN lagi bakal menyusul tahun ini. Indonesia ia sebutkan terlebih dahulu, kemudian Filipina.

“Kami sangat antusias untuk memberitahu konsumen di Indonesia dan juga Filipina bahwa Leaf akan meluncur di sana dalam beberapa bulan mendatang,” ucap dia ketika menjadi pembicara webinar Nissan Futures Electrification and Beyond pada Kamis (4/2/2021).

Nissan Leaf Segera Meluncur di Indonesia pada 2021
Sekadar mengingatkan, Leaf awalnya dijadwalkan meluncur di Indonesia pada 2020. Akan tetapi, rencana tersebut mundur hingga 2021.

Akhirnya, pada 2020 pabrikan tersebut hanya merilis Nissan Kicks e-Power. E-Power sendiri merupakan sistem hybrid unik.

Mesin bensinnya hanya berfungsi sebagai generator alias sumber tenaga bagi baterai lithium-ion. Roda-roda mobil digerakkan sepenuhnya oleh motor listrik.

Nissan Kicks e-Power di Indonesia
Ini membuat model – model e-Power memiliki rasa berkendara layaknya mobil listrik. Namun, model – model tersebut tidak bergantung pada infrastruktur pengisian daya baterai (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum/SPKLU).

“Kami mengerti masih adanya kecemasan pengendara terhadap mobil listrik, mengenai apakah mereka bisa sampai ke SPKLU selanjutnya. Karena itu, kami melangkah di luar mobil listrik murni (battery electric vehicle). Dengan e-Power, para konsumen bisa menikmati rasa berkendara mobil listrik tanpa perlu mengecasnya. Ini sempurna bagi kondisi ASEAN yang masih mengembangkan infrastruktur SPKLU,” papar Sekiguchi.

Basis produksi Kicks e-Power di Asia Tenggara sendiri berlokasi di Thailand. Pabrik di ‘Negeri Gajah Putih’ menurut Sekiguchi, adalah fasilitas manufaktur pertama di luar Jepang yang dipersiapkan untuk memproduksi model – model e-Power.

Nissan Kicks e-Power Diproduksi di Pabrik Thailand
“Thailand menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan Kicks e-Power, menyusul kemudian dengan cepat di Singapura serta Indonesia,” tukas dia.

Selain Kicks e-Power, Nissan juga telah melepas Serena e-Power di Singapura plus Hong Kong. Nissan, menurut Sekiguchi, kini juga sedang bersiap menerjunkan All-New Note e-Power di kedua negara itu dalam beberapa bulan ke depan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar