Peluncuran Mobil Listrik Nissan Leaf di Indonesia Mundur Jadi 2021

Berita Otomotif

Peluncuran Mobil Listrik Nissan Leaf di Indonesia Mundur Jadi 2021

JAKARTA – Peluncuran dan penjualan Nissan Leaf di Indonesia harus mundur sekitar setahun, menjadi 2021.

Hana Maharani, Head of Communications PT. Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI), mengonfirmasi kehadiran Leaf di negeri ini terpaksa harus molor dari perkiraan awal. Leaf, akunya, meluncur pada semester pertama 2021.

Sekadar mengingatkan, Nissan tadinya ingin menerjunkan Leaf di Tanah Air pada 2020. Mereka juga pernah memberikan sinyal rencana merilis lebih dari satu mobil berbasis baterai pada tahun ini.

Salah satunya, Nissan Kicks e-Power, telah meluncur pada 2 September 2020 kemarin dengan harga Rp 449 on-the-road Jakarta. Sayangnya, peluncuran dan penjualan Leaf, mobil listrik produksi massal pertama di dunia, harus tertunda.

“Saat ini kami fokus kepada peluncuran Nissan Kicks e-Power. Dengan e-Power, konsumen dapat merasakan sensasi berkendara mobil listrik tanpa perlu khawatir soal pengecasan. Kami melihat ini solusi yang inovatif untuk konsumen,” ujar dia kepada Mobil123.com via pesan singkat pada Selasa (8/9/2020).

Nissan sempat vakum memperkenalkan model baru selama empat tahun, sejak 2014 sampai 2018. ‘Puasa’ model baru tersebut mereka akhiri dengan hadirnya sport utility vehicle Terra yang merupakan kompetitor dari Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Kemudian, pada awal 2019, mereka melepas All-New Livina yang menggunakan basis Mitsubishi Xpander. Tak hanya itu, model tersebut pun dirakit di pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi. Pembagian platform serta fasilitas produksi ini dimungkinkan karena Mitsubishi sudah masuk ke dalam aliansi Renault – Nissan sejak 2016.

Selain All-New Livina, pabrikan otomotif yang berbasis di Yokohama, Jepang tersebut pun memperkenalkan New Serena pada kesempatan yang sama.

Selanjutnya, di dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Nissan lanjut melepas New X-Trail. Tampangnya tak banyak berubah, tapi ada penambahan fitur-fitur canggih baru yang salah satunya ialah Adaptive Cruise Control.

Isao Sekiguchi, Presiden Direktur NMDI, dalam satu kesempatan wawancara mengatakan bahwa kevakuman model baru membuat mereka membuat konsumen Indonesia agak ‘lupa’ terhadap merek Nissan. Ini menjadi satu pekerjaan rumah yang mesti mereka bereskan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar