Mobil Listrik Mitsubishi Demonstrasikan Kelebihan Stasiun Quick Charging BPPT

Berita Otomotif

Mobil Listrik Mitsubishi Demonstrasikan Kelebihan Stasiun Quick Charging BPPT

JAKARTA – Mobil listrik Mitsubishi ikut ambil bagian dalam demonstrasi stasiun pengisian daya mobil listrik berteknologi quick  charging milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

BPPT pada Rabu (5/12/2018) meresmikan stasiun quick charging mobil listrik di kantor mereka di Jakarta dan Serpong. Fasilitas ini digadang-gadang sebagai stasiun quick charging pertama di Indonesia dengan spesifikasi model CHADEMO-CCS-Kabel Tipe 2, berkapasitas 50 kW berdurasi pengisian tercepat 30 menit.

Dua mobil listrik Mitsubishi yaitu i-MiEV dan Outlander PHEV disebutkan turut berpartisipasi dalam acara. Bersama dengan mobil listrik, bus listrik, dan sepeda motor listrik lain, i-MiEV plus Outlander PHEV mendemonstrasikan proses pengisian daya.

Di sela-sela acara, Ogi Ikematsu, Director of Coordination and Development Division PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menyambut positif langkah BPPT dan pemerintah Indonesia dalam upaya memperlancar serta mempercepat kehadiran mobil listrik di negara ini. Ia pun mengapreasi stasiun quick charging di dua kantor BPPT.

Ia pun menyinggung peran Mitsubishi yang beberapa waktu lalu mendonasikan dua mobil listrik murni i-MiEV serta delapan Outlander PHEV kepada pemerintah. Semuanya kemudian disalurkan kepada institusi pemerintahan yang terkait dengan pengembangan pasar serta teknologi mobil listrik Tanah Air.

“Mitsubishi i-MiEV sebagai salah satu kendaraan tersebut diterima oleh BPPT dan berpartisipasi dalam acara ini,” tukasnya.

Kendaraan-kendaraan tersebut akan disertakan dalam serangkaian studi pemodelan untuk mencari tahu bagaimana infrastruktur transportasi Indonesia saat ini dapat mengakomodasi kendaraan listrik, termasuk menilai penggunaan kendaraan listrik di berbagai lingkungan seperti kota, kawasan wisata, dan pulau terpencil.

Rangkaian peresmian stasiun quick charging BPPT dilanjutkan dengan konvoi kendaraan listrik  melibatkan peserta yang terdiri dari pengguna kendaraan listrik plus produsen kendaraan listrik. Rute konvoi dimulai dari Thamrin, Jakarta menuju fasilitas pengisian daya kendaraan listrik yang terletak di gedung B2TKE-BPPT di Serpong, Tangerang.

Mitsubishi diketahui telah lama ingin memasukkan Outlander PHEV ke Indonesia. Kini mereka menunggu regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) yang berisi insentif pajak mobil listrik terbit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support