Toyota Avanza Facelift Tantang Mitsubishi Xpander Januari 2019

Berita Otomotif

Toyota Avanza Facelift Tantang Mitsubishi Xpander Januari 2019

JAKARTA – Toyota Avanza terbaru dikabarkan mengaspal pada awal 2019. Persaingan model ini dengan Mitsubishi Xpander di tahun yang baru pun patut ditunggu.

Informasi tersebut didapatkan Mobil123.com dari tenaga penjual dua dealer Toyota yang berbeda di sekitar Jakarta. Keduanya menjelaskan akan ada pembaruan bagi Avanza pada Januari 2019.

Hanya saja yang kelak hadir masih versi perubahan minor (facelift) dan bukan versi perubahan mayor (all-new). Ubahannya lebih banyak terjadi di area eksterior.

“Seperti desain lampu, desain bemper, dan lain-lain, pak. Bukan all-new. Fitur-fitur tambahan baru belum ada,” ujar salah satu tenaga penjual pada Senin (3/12/2018).

Tenaga penjual lain menjelaskan produksi Avanza untuk model saat ini sudah dihentikan sejak bulan lalu karena pabrikan sedang mempersiapkan model baru. Dealer-dealer sekarang sedang menghabiskan stok Avanza produksi 2018.

Diskon untuk Avanza terkini diberikan. Sayang, kedua tenaga penjual enggan menyebut besarannya.

Sebagai informasi, Avanza diproduksi di Indonesia oleh PT. Astra Daihatsu Motor, perusahaan yang menjadi pabrikan mobil Toyota dan Daihatsu, pun distributor Daihatsu di Tanah Air. Ini bisa dilakukan karena Daihatsu Motor Corporation dimiliki oleh Toyota Motor Corporation.

Avanza merupakan model kembar dari Daihatsu Xenia. Informasi dari dealer Daihatsu pun menyebut Xenia facelift mengaspal pula pada Januari 2019.

Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek di Indonesia belum merespons telepon maupun pesan singkat Mobil123.com.

Persaingan di segmennya Avanza, low multi purpose vehicle (LMPV), sendiri makin keras sejak 2017. Penyebabnya adalah kemunculan Mitsubishi Xpander dan pemain baru dari China Wuling Confero. Pada April 2018, pemain lama yaitu Suzuki Ertiga pun meluncurkan generasi keduanya.

Persaingan yang memanas karena pemain-pemain baru itu membuat Toyota memprediksi penjualan wholesales Avanza turun lebih dari  30 persen pada akhir 2018, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year). Distribusi Avanza dari pabrik ke dealer diproyeksikan 70 – 80 ribu unit setahun ini, sedangkan pada 2017 volumenya 116.311 unit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar