Mobil Listrik Hyundai Ioniq Jadi Kendaraan Dinas Menhub Budi Karya

Berita Otomotif

Mobil Listrik Hyundai Ioniq Jadi Kendaraan Dinas Menhub Budi Karya

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kini punya mobil listrik sebagai kendaraan dinas, yaitu Hyundai Ioniq.

Ioniq tersebut, menurut keterangan resmi kementerian, akan menggunakan nomor polisi ‘RI 35’. Budi akan segera menggunakannya untuk kendaraan operasional sehari-hari.

Menteri yang sempat terinfeksi virus Corona (Covid-19) itu sendiri menjajal langsung mobil listrik dari merek Korea Selatan tersebut pada Rabu (16/12/2020) kemarin. Di sela-sela pengetesan, ia menilai kendaraan listrik sebagai moda transportasi masa depan ramah lingkungan, sehingga bisa menjadikan bumi sehat dan bebas polusi udara.


“Hari ini saya bahagia karena rencana kami untuk menggunakan kendaraan dinas dengan kendaraan listrik hari ini bisa terwujud hari ini,” kata Budi di Stasiun Gambir, Jakarta.

Di Indonesia, Ioniq meluncur bersamaan dengan mobil listrik Hyundai lainnya yaitu Kona EV pada 6 November 2020. Keduanya menjadi mobil listrik murni termurah se-Nusantara dengan kisaran harga Rp 600 jutaan.


Peluncuran kedua mobil nihil emisi gas buang tersebut merupakan respons dari rencana pemerintah menerapkan insentif bagi kendaraan hybrid, plug-in-hybrid, maupun listrik murni mulai Oktober 2021. Pada 2025, 20 persen dari produksi lokal mobil maupun sepeda motor ditargetkan datang dari kendaraan listrik berbasis baterai.

Kemenhub, menurut Budi mendorong penggunaan kendaraan listrik di institusi tersebut maupun untuk transportasi publik. Pada 2021, mereka mengalokasikan anggaran untuk membeli 100 mobil listrik sebagai kendaraan dinas pejabat eselon II dan II.

Pada tahun 2019, Kemenhub juga telah menggunakan sebanyak 6 (enam) motor listrik untuk mendukung kegiatan operasional kedinasan di Direktorat Jendral Perhubungan Darat. Tidak dijelaskan apakah merek ratusan mobil plus motor listrik itu.

Di Indonesia, opsi model mobil listrik murni masih sedikit. Opsi selain Ioniq maupun Kona EV pun berharga miliaran rupiah.

Ada BMW i3s, Lexus UX 300e, dan produk – produk Tesla yang dijual oleh importir umum Prestige Motorcars.

Sejak 2019, yang banyak meluncur adalah model-model hybrid. Kebanyakan di antaranya bermerek Toyota, tapi ada pula yang lain seperti Nissan Kicks e-Power.

Kicks e-Power bahkan menjadi hybrid termurah di Indonesia saat ini. Harga Kicks e-Power tak sampai Rp 450 juta on-the-road Jakarta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar