Lexus Luncurkan Mobil Listrik Termurah di Segmen Premium, Ini Kata BMW

Berita Otomotif

Lexus Luncurkan Mobil Listrik Termurah di Segmen Premium, Ini Kata BMW

JAKARTA – Persaingan di segmen mobil listrik premium bertambah dengan hadirnya mobil baru Lexus. Model tersebut menjadi mobil listrik murni paling terjangkau di segmen kendaraan mewah.

Seperti diketahui, merek mobil mewah asal Jepang tersebut baru saja menerjunkan mobil listrik murni UX 300 e. Indonesia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang mendapatkannya.

UX 300e kini menjadi mobil listrik murni paling murah di segmen premium. Adapun harganya adalah Rp 1,245 miliar on-the-road Jakarta.

UX 300 e menyemarakkan pasar mobil nihil emisi gas buang mewah yang masih amat sepi. Sebelumnya, sudah ada BMW i3s yang juga berstatus sebagai mobil listrik murni pertama di Indonesia yang per November 2020 berharga on-the-road (OTR) Jakarta Rp 1.340.000.000.


Ada pula produk – produk Tesla yang dibawa oleh distributor umum Prestige Motor. Adapun banderolnya saat ini ialah Rp 1.500.000.000.

BMW, ketika dimintai tanggapan soal kehadiran pemain baru dari ‘Negeri Sakura’, menegaskan kembali bahwa mereka adalah yang pertama meluncurkan mobil listrik murni di Nusantara melalui i3s. Bahkan, mereka sudah melakukan edukasi perihal teknologi mobil listrik sejak 2014, ketika membawa i8 Coupe yang berteknologi plug-in hybrid (PHEV) sebagai mobil eksebisi dalam Indonesia International Motor Show (IIMS).

“Kompetitor itu memang harus ada. Itu (kompetitor) jadi membuat kami lebih kreatif karena ada persaingan di situ. Kalau ngomong kendaraan listrik, kami dari 2014 sudah mulai (melakukan edukasi teknologi mobil listrik),” kata Jodie O’Tania selaku Communications Director BMW Group Indonesia merespons pertanyaan Mobil123.com di sela – sela test drive All – New BMW Seri 3 pada Selasa (1/12/2020) di Jakarta.

BMW, lanjut dia, mendukung kehadiran semakin banyak kendaraan listrik di Tanah Air. Ini akan membantu mempercepat pembentukan pasar, selain juga mengakselerasi pembangunan infrastruktur karena pabrikan otomotif pasti juga berpikir untuk membantu penyebarluasan fasilitas pendukung yang diperlukan seperti stasiun pengecasan baterai (charging station).

“Sekarang itu, pasar kendaraan listrik belum terbentuk,” tegas Jodie.

Di luar segmen premium, hanya ada dua mobil listrik murni di Nusantara. Keduanya adalah produk Hyundai dengan harga Rp 600 jutaan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar