Mercedes-Benz Indonesia Ingin Luncurkan Mobil Hybrid Semester 1 2019

Berita Otomotif

Mercedes-Benz Indonesia Ingin Luncurkan Mobil Hybrid Semester 1 2019

TANGERANG – Mercedes-Benz berencana meluncurkan mobil hybrid di Indonesia di enam bulan pertama 2019, jika tak ada aral melintang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mercedes-Benz akan mengaspalkan mobil hybrid di Indonesia pada tahun depan. Adapun model-model yang berpeluang paling besar masuk pertama kali berasal dari ‘keluarga’ C-Class serta E-Class, seperti C 350 e atau E 350 e Plug-In Hybrid.

Kompetitor abadi BMW tersebut telah pula membangun fasilitas pengisian daya mobil hybrid dan mobil listrik di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Pembangunan bakal terus dilanjutkan di lokasi-lokasi elit.

“Kami masih studi (mengenai waktu peluncuran). Kalau bisa sih awal semester pertama. Itu target kami,” ungkap Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), menjawab pertanyaan Mobil123.com saat diwawancarai di Serpong, Tangerang, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, ada beberapa hal yang bisa membuat waktu peluncuran mundur dan karena itu terus menjadi bahan studi Mercedes-Benz. Misalnya saja pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) tahun depan.

Seperti diketahui, sepanjang tahun ini rupiah terus tertekan oleh dollar AS. Kurs yang pada akhir 2017 ada di kisaran Rp 13.400 – 13.500 per dollar AS, sejak awal Oktober 2018 terus bertahan di kisaran Rp 15.000 per dollar AS jika mengacu pada Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor).

Kurs, sambung Hari, akan berpengaruh pada perhitungan harganya kelak. Jika kurs terus memburuk, proyeksi harga jual di Indonesia serta potensi volume penjualan yang bisa diraih harus dihitung ulang terlebih dahulu.

Apalagi jika insentif pajak untuk membuat harga mobil hybrid dan listrik yang saat ini sedang disusun melalui Peraturan Presiden belum juga terbit. Konsumen-konsumen Mercedes-Benz bisa terkena double impact.

“Kalau volume yang kami ekspektasikan susut, ya, kami harus ‘puasa’ dulu,” tukas Hari.

Mercedes-Benz memang sudah menegaskan bahwa mereka pasti meluncurkan mobil hybrid tahun depan di Tanah Air, dengan atau tanpa insentif. Kendati begitu, mereka tetap berharap insentif muncul ‘tepat waktu’ sehingga mereka dapat memanfaatkannya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar