Mercedes-Benz Terus Tambah Pabrik Perakitan Baterai Mobil Listrik

Berita Otomotif

Mercedes-Benz Terus Tambah Pabrik Perakitan Baterai Mobil Listrik

ALABAMA – Mercedes-Benz terus menambah pabrik perakitan baterai mobil listrik sesuai target yang ditetapkan. Salah satu lokasinya ada di Tuscaloosa, Alabama Amerika Serikat.

Para eksekutif Daimler, induk perusahaan Mercedes-Benz, pada akhir pekan lalu melakukan seremoni pemancangan tiang perdana (groundbreaking ceremony) pabrik baterai mobil listrik di Tuscaloosa. Lokasinya berjarak tujuh mil atau sekitar 11 km dari pabrik perakitan kendaraan Mercedes-Benz di sana.

Pada tahun lalu, Daimler membeberkan rencana investasi 1 miliar dollar AS (Rp 15,28 triliun) demi meningkatkan kemampuan pabrik Tuscaloosa. Penambahan fasilitas perakitan baterai mobil listrik termasuk di antaranya.

“Kami berambisi menjadi pionir dalam urusan pengembangan mobilitas kendaraan listrik dan sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk memenuhi misi itu,” tandas Markus, Schaefer, Daimler Board Member.

Sebagai informasi, pabrikan yang bermarkas di Frankfurt, Jerman ini bakal mempunyai delapan pabrik perakitan baterai mobil listrik yang tersebar di Jerman, AS, China, Thailand. Fasilitas yang sudah terbangun antara lain di Kamenz, Jerman dan pembangunan selanjutnya dilakukan di Beijing plus Bangkok.

Jaringan tersebut memudahkan Mercedes bereaksi secara fleksibel sesuai permintaan maupun kebutuhan pasar global. Kedelapan pabrik bisa memasok kebutuhan lokal atau pun mengekspornya jika dibutuhkan.

“Pabrik Mercedes-Benz yang sangat berorientasi pada ekspor di Tuscaloosa merupakan fasilitas berteknologi tinggi dengan cerita kesuksesan dan masa depan yang cerah untuk perkembangan merek kami di AS,” lanjut Schaefer.

Musuh besar BMW ini juga berancang-ancang membangun enam pabrik perakitan mobil listrik EQ, termasuk salah satunya di Tuscaloosa. Mobil listrik pertama yang dirakit di sana adalah EQC SUV.

Pada 2022, Mercedes ingin menghadirkan varian hybrid atau listrik pada seluruh model kendaraan penumpang mereka. Bakal ada lebih dari 50 model Mercedes-Benz yang mengusung teknologi plug-in hybrid, mobil listrik, serta mild hybrid 48-volt di berbagai segmen. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar