Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mitsubishi Xpander Versi Nissan Meluncur di Indonesia pada 2019

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Versi Nissan Meluncur di Indonesia pada 2019

TOKYO – Misubishi Xpander versi Nissan dilaporkan bakal hadir di Indonesia pada 2019 dan pabrikan yang disebut pertama kali akan bertindak sebagai produsennya.

Informasi mengenai Xpander versi Nissan sedikit demi sedikit terbuka. Aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi, seperti diwartakan Nikkei Asian Review beberapa waktu lalu, menjelaskan bahwa mobil ini akan disuplai oleh Mitsubishi kepada Nissan pada 2019.

Adapun Nissan menganut tahun fiskal yang berlangsung pada April tahun itu hingga Maret tahun berikutnya, sehingga keterangan ini bisa berarti dua hal. Pertama, Xpander versi Nissan bakal benar-benar hadir di 2019.

Bisa juga, kendaraan yang dinanti-nanti ini muncul perdana antara Januari – Maret 2020.

Kolaborasi antara keduanya sendiri bisa terjadi setelah Nissan Motor Corporation (NMC) membeli sekitar 34 persen saham Mitsubishi Motor Corporation (MMC) pada akhir 2016. Nissan menggelontorkan 237 miliar yen (Rp 30,67) triliun demi menggaet Mitsubishi masuk ke aliansi Nissan-Renault.

Chairman of The Board Aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi Carlos Ghosn kala itu menyebut para anggota aliansi kelak bisa bersinergi dalam banyak aspek demi efisiensi. Kolaborasi-kolaborasi itu termasuk pemakaian platform kendaraan, komponen, teknologi bersama-sama plus produksi silang.

Khusus untuk pasar Indonesia, baik Nissan maupun Mitsubishi sudah membeberkan bahwa keduanya bakal berbagi platform Xpander yang kini sedang menjadi fenomena setelah meluncur perdana pada Agustus 2017. Namun, Nissan mengklaim hasil akhir Xpander versi Nissan akan berbeda.

Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Osamu Masuko, dalam wawancara terbatas di sela-sela peluncuran Xpander di Indonesia, mengungkapkan produksi Xpander versi Nissan nantinya dilakukan di pabrik baru Mitsubishi di Cikarang, Bekasi, yang baru beroperasi April 2017. Sebagai informasi, pabrik itu memiliki kapasitas produksi yang belum dialokasikan untuk model tertentu sebanyak 20 ribu unit per tahun, dari kapasitas produksi terpasang 160 ribu unit per tahun

Gambar mengenai desain Xpander versi Nissan saat ini sudah beredar di internet sejak akhir 2017. Belum ada keterangan dari Nissan apakah gambar tersebut memang resmi dari mereka atau hanya rekaan belaka. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang