Mitsubishi Xpander Mobil Terlaris, Tapi Toyota Masih Kuasai Indonesia

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Mobil Terlaris, Tapi Toyota Masih Kuasai Indonesia

JAKARTA – Mitsubishi Xpander tetap menjadi mobil terlaris di pasar otomotif Indonesia hingga April 2018, namun Toyota tetap merek kendaraan paling laku di negeri ini dengan transaksi jual-beli yang sebenarnya juga sedang turun.

Xpander sudah menjadi mobil terpopuler di Indonesia sejak bulan kedua tahun ini menggantikan Toyota Avanza. Keberhasilan tersebut terus berlanjut hingga April.

Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa low multi purpose vehicle (LMPV) yang meluncur pada Agustus tahun lalu itu telah terdistribusikan sebanyak 29.069 unit sepanjang empat bulan kemarin. Adapun pesaing terdekatnya, Avanza, terkirim 28.330 unit ke pasar.

Suplai Avanza ke dealer sendiri drop cukup jauh jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year). Pada Januari-April 2017, pionir segmen LMPV bersama Daihatsu Xenia itu mampu terdistribusikan sebanyak 47.619 unit. Artinya, performa Avanza turun hingga 40,51 persen year on year.

Berbicara merek terpopuler, Toyota masih berada di daftar teratas. Pabrikan yang awalnya berdiri sebagai pembuat mesin pemintal benang di Jepang itu memuncaki pasar dengan raihan 113.854 unit.

Wholesales year on year Toyota sebenarnya turun lumayan dalam yaitu 18,97 persen. Pada Januari-April 2017, mereka masih mampu membukukan 140.508 unit.

Mitsubishi Peringkat Kedua
Keberhasilan Xpander turut mendongrak posisi Mitsubishi sebagai merek kendaraan paling diminati kedua di Indonesia. pada Januari-April 2018, pabrikan berlambang tiga berlian itu menorehkan distribusi 73.179 unit untuk kendaraan penumpang, kendaraan niaga ringa, hingga truk.

Pada Januari-April tahun sebelumnya, Mitsubishi ‘cuma’ menyuplai 33.958 unit kendaraan penumpang dan kendaraan komersial. Pertumbuhan year on year Mitsubihi pun meroket sampai 115,5 persen.

Menariknya, kontribusi penjualan truk, jika dibandingkan kendaraan penumpang plus kendaraan niaga ringan, jauh berkurang. Jika di periode yang sama tahun lalu penjualan truk masih memiliki porsi 39,1 persen dengan volume 13.277 unit, empat bulan pertama tahun ini komposisinya menjadi 26,35 persen dengan volume 19.280 unit.

Pasar mobil nasional sendiri secara keseluruhan pada Januari-April lalu menyentuh 394.421 unit. Angka tersebut naik tipis 5,64 persen year on year. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual