Mitsubishi Xpander Versi Nissan Akan Segera Diluncurkan

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Versi Nissan Akan Segera Diluncurkan

JAKARTA – Nissan berjanji akan menghentikan puasa produk baru dan kembali agresif ‘menyerang’ pasar Indonesia dengan model-model anyar mulai semester 2 2018. Salah satu yang menarik adalah saudara kembar dari Mitsubishi Xpander versi Nissan. 

Nissan memang ibarat puasa produk baru di Tanah Air sejak beberapa tahun terakhir. Pabrikan asal Jepang ini ingin lebih fokus membenahi aspek fundamental bisnis mereka seperti jaringan penjualan dan purnajual, sehingga saat mobil-mobil baru hadir pondasi tersebut sudah lebih kokoh.

Akhirnya, hal itu terjadi juga tahun ini. Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) Eiichi Koito menjelaskan cukup banyak produk bagi negeri ini di tahun fiskal 2018, yang dimulai sejak April kemarin hingga Maret 2019.

“Mulai sekarang, akan ada sederetan peluncuran produk baru dari kami. Kami bakal lebih menyerang dalam hal produk baru,” tegasnya dalam acara buka puasa bersama media massa, Rabu (6/6/2018) malam di Jakarta.

Koito menyatakan Nissan ingin memperluas portofolio mereka di Indonesia melalui produk-produk ini. Ada tiga segmen utama yang diincar.

“Ada tiga pasar besar di pasar otomotif Indonesia. Pertama adalah low cost green car (LCGC) atau mobil entry-level, kedua ialah multi purpose vehicle (MPV), yang terakhir sport utility vehicle (SUV),” lanjutnya.

Tahun fiskal 2018 sudah diawali dengan meluncurkan dua model Datsun. Ada versi varian CVT dari LCGC Datsun Go Panca serta pembaruan dari ‘saudaranya’ Go+ Panca.

Baru-baru ini, Nissan pun telah mengumumkan rencana meluncurkan sport utility vehicle (SUV) Terra selambat-lambatnya pada Maret tahun depan. Akan ada pula MPV termutakhir Nissan.

Sayang, ketika Mobil123.com menanyakan waktu detail peluncurannya, Koito masih memilih diam seribu bahasa. Sebagai informasi, MPV ini nantinya menggunakan platform Mitsubishi Xpander serta diproduksi di pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi.

“Dalam satu tahun ini, kami sudah katakan soal empat model baru. Kami akan terus melanjutkan hal ini di masa mendatang. Kami sudah rencanakan,” ujar dia tanpa merincikan lebih lanjut.

Sebelumnya, pada akhir tahun fiskal 2017--tepatnya pada 18 Januari 2018--Nissan telah pula menggelar debut global (world premiere) Datsun Cross di Indonesia. Model ini tidak dimasukkan ke segmen LCGC dan diharapkan dapat mereposisi merek Datsun yang sebelumnya sudah sangat lekat dengan segmen mobil murah tersebut. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual