Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Indonesia Perdana Ekspor Mobil ke Australia, Modelnya Toyota Fortuner

Berita Otomotif

Indonesia Perdana Ekspor Mobil ke Australia, Modelnya Toyota Fortuner

JAKARTA - Seremoni ekspor mobil Toyota Fortuner ke Australia, Selasa (15/2/2022), menandakan beberapa pencapaian baru dari industri otomotif Indonesia maupun dari merek tersebut.

Capaian pertama, menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, adalah tembusnya ‘Negeri Kanguru’ sebagai pasar ekspor baru mobil-mobil rakitan Indonesia.

“Dengan tembusnya pasar Australia, Indonesia telah mengekspor ke empat benua, Bapak Presiden. Dari mulai Amerika, Afrika, Asia, dan Australia,” kata dia dalam kata sambutan sekaligus laporan kepada Presiden Joko Widodo yang juga hadir dalam seremoni yang disiarkan secara virtual ini.

Ekspor ke Australia sendiri Agus sebut tidak mudah. Pasalnya, region itu dikatakan memiliki ketentuan regulasi ketat terhadap kendaraan bermotor yang masuk ke sana.

“Antara lain terkait spesifikasi (standar) bahan bakar minyak, spesifikasi emisi (gas buang kendaraan), dan spesifikasi keamanan,” lanjut dia.

Indonesia, tambah menteri dari Partai Golkar tersebut, sejauh ini sudah berhasil mengekspor mobil ke sekitar 80 negara, baik secara unit utuh (Completely Built Up/CBU) maupun terurai (Completely Knock Down/CKD).

Pada 2021, terdapat ekspor 294 ribu unit mobil CBU bernilai Rp52,9 triliun.

“Untuk (ekspor) CKD mencapai 91 ribu set dengan nilai Rp1,31 triliun. Ini yang menarik, ada ekspor komponen mencapai 85 juta pieces dengan nilai Rp29,13 triliun,” papar Agus.

Adapun model yang diekspor ke Australia adalah Fortuner. Ini disebutkan oleh Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, ketika memberikan kata sambutan.

“Yang saya senang juga local content-nya, TKDN (tingkat komponen dalam negeri), local purchase-nya, sudah lebih dari 75 persen,” pungkas Jokowi memuji kandungan komponen lokal semua mobil Toyota rakitan Tanah Air.

Lebih lanjut, capaian kedua ditujukan bagi aktivitas ekspor Toyota di Indonesia. Soalnya, dalam waktu bersamaan, jenama asal Jepang ini juga merayakan ekspor mobil ke-2 juta unit sejak memulai pertama kali pada 1987 silam.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini, saya luncurkan pelepasan ekspor ke-2 juta unit oleh PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan ekspor perdana Fortuner ke Australia,” tutup Jokowi. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang