Bugatti Buat Mobil Listrik Mungil Seharga 1 Pajero Sport untuk Bocah Tajir

Berita Otomotif

Bugatti Buat Mobil Listrik Mungil Seharga 1 Pajero Sport untuk Bocah Tajir

PARIS – Bugatti membuat mobil listrik yang terinspirasi dari salah satu model klasik mereka. Mobil ini sendiri berukuran mini dan diperuntukkan bagi anak-anak, tapi harganya di Indonesia setara dengan satu unit Mitsubishi Pajero Sport.

Pabrikan supercar asal Prancis tersebut, seperti diwartakan Carscoops baru-baru ini, menciptakan kembali mobil balap legendaris Type 35 sebagai salah satu bentuk perayaan ulang tahun ke-110. Namun, kendaraan berjuluk ‘Bugatti Baby’ tersebut hanya berukuran tiga perempat dari model aslinya.

Sistem penggeraknya juga tidak lagi konvensional melainkan sudah menggunakan baterai plus motor listrik. Dengan dimensi bodi plus ruang kokpit kecil, mobil listrik berjuluk ‘Baby II’ tersebut pun sangat bisa dikendarai oleh anak-anak.

Di Prancis, mobil listrik mungil ini dijual seharga 30 ribu euro (Rp 481,41 juta) sebelum pajak. Uang sejumlah itu, di Indonesia, bisa untuk membeli satu unit Pajero Sport varian Exceed 4x2 MT yang per hari ini berbanderol on-the-road Jakarta Rp 472,5 juta menurut situs resmi Mitsubishi.

Type 35 mini sendiri bukan pertama kalinya diciptakan oleh Bugatti. Pada 1926, pendiri pabrikan tersebut yakni Ettore Bugatti pernah menciptakan ‘Bugatti Baby’ hanya dalam separuh ukuran aslinya untuk anaknya Roland sebagai hadiah ulang tahun keempat.

Dia akhirnya menciptakannya lebih banyak ketika mengetahui banyak di antara para konsumennya yang berminat. Dari 1926 sampai 1936, ada 500 unit yang dibuat oleh Ettore.

Lebih lanjut, ‘Baby II’ yang saat ini dibuat juga hanya akan diproduksi 500 unit mulai musim gugur mendatang dan pemesanannya sudah dibuka. Mobil dipersenjatai oleh baterai lithium-ion yang bisa dicopot-pasang, motor listrik, plus sistem penggerak roda belakang.

Ada pula fitur Regenerative Braking serta Limited-Slip Differential.

Bagi pengemudi yang dirasa terlalu muda, Bugatti Type 35 listrik memiliki Child Mode yang membuat produksi daya terbatas sampai 1,3hp dan kecepatan puncak 20 km/jam. Ada pula ‘Adult Mode’ dengan tenaga 5,4hp dan kecepatan 45 km/jam.

Konsumen dapat pula memilih opsi upgrade Speed Key. Tenaganya bakal menjadi 13,4hp tanpa pembatas kecepatan.

Type 35 listrik untuk para bocah kaya memiliki bodi berwarna French Racing Blue dan pelek aluminium alloi berpalang delapan. Sistem pengeremannya sudah modern, dengan lampu depan bertenaga yang bisa dipakai menerangi jalan di malam hari.

Adapun interiornya meniru benar Type 35 asli dengan dasbor aluminium, kursi kulit, setir berpalang empat, dan instrument-instrumen lainnya. ‘Baby II’ sedang dipamerkan di Geneva Motor Show 2019, 7 – 17 Maret mendatang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support