Nissan Terra Mulai Serius Tantang Fortuner dan Pajero Sport Tahun Ini

Berita Otomotif

Nissan Terra Mulai Serius Tantang Fortuner dan Pajero Sport Tahun Ini

SERPONG – Nissan Terra mulai menggeber penjualan untuk bersaing dengan para kompetitornya di Indonesia pada 2019, setelah tahun lalu baru bisa dikirim ke konsumen pada Desember.

Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) mengakui bahwa penjualan Terra belum sesuai ekspektasi mereka, sejak meluncur pada Agustus tahun lalu di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Berdasarkan data wholesales (distribusi pabrikan ke dealer) 2018 yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Terra baru terjual 793 unit mulai November untuk keempat variannya.

“Pertama, ini karena kami tidak bisa melakukan distribusi ke pasar, terutama ke end customer, hingga pertengahan Desember walau kami sudah meluncurkan model ini pada Agustus. Penjualan aktualnya (retail) baru bisa dilakukan pada pertengahan bulan terakhir,” ucap dia meladeni pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Media Test Drive Nissan Terra, Senin (4/3/2019) di Alam Sutera, Serpong, Tangerang.

Adapun alasan kedua adalah karena Nissan pada tahun lalu masih kurang mengomunikasikan dengan cukup baik keunggulan-keunggulan Terra kepada konsumen. Apalagi, sport utility vehicle (SUV) satu ini merupakan model generasi pertama yang benar-benar baru, tak hanya untuk Indonesia, tapi untuk pasar global sekalipun.

“Terra ini adalah nama dan tipe SUV baru yang kami bawa ke pasar ini,” tandas dia.

Sayangnya, NMI sebagai agen pemegang merek Nissan di Indonesia tidak bersedia membuka berapa target penjualan wholesales Terra pada 2019. Hana Maharani, Head of Communications NMI, hanya memberi sedikit bocoran bahwa yang pasti angkanya di atas 500 unit per bulan.

Sebagai perbandingan, penjualan dua kompetitor utama Terra di segmennya yaitu Toyota Fortuner serta Mitsubishi Pajero Sport berada di atas 20 ribu unit setahun pada 2018. Fortuner menjadi yang terlaris dengan distribusi dari pabrikan ke dealer sebanyak 21.459 unit atau rata-rata sekitar 1.788 unit per bulan.

Pajero Sport, di sisi lain, membukukan 20.975 unit. Ini berarti jika dipukul rata distribusinya hanya berbeda tipis dari Fortuner dengan volume sekitar 1.747 unit per bulan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar