Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Xpander Buatan Indonesia Kena Recall di Filipina, Ini Sebabnya

Berita Otomotif

Xpander Buatan Indonesia Kena Recall di Filipina, Ini Sebabnya

JAKARTA – Mitsubishi Xpander rakitan Indonesia terkena kampanye penarikan dan perbaikan gratis (recall) di Fipilina.

Mitsubishi Filipina telah mengumumkannya melalui laman daring resmi mereka sejak awal Desember 2019. Adapun unit yang terkena adalah tahun produksi May 2018 hingga Oktober 2019.

“Mitsubishi Motors Phillipines Corporation meminta pemilik Xpander yang dibeli dari May 2018 sampai sampai 22 Oktober 2019 untuk mengatur jadwal untuk melakukan perawatan preventif,” tulis mereka.

Adapun penyebab recall, menurut mereka, adalah potensi masalah pada fuel pump atau pompa bahan bakar. Penggantian komponen bakal memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Xpander sendiri hingga akhir tahun ini hanya diproduksi di Indonesia dan mulai tahun depan bakal pula dirakit di Vietnam. Multi purpose vehicle (MPV) bernuansa sport utility vehicle (SUV) ini menjalani debut global pada 10 Agustus 2017 dalam Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS).

Dari pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi, Mitsubishi mengekspor Xpander ke berbagai negara. Berdasarkan penelusuran di data ekspor Gaikindo Januari – Oktober 2019, negara tujuannya adalah Mesir, Vietnam, Thailand, Filipina, Bolivia, Bangladesh, Srilanka, Kamboja, Peru, Mauritius, Brunei Darussalam, Myanmar.

Sebelum Filipina, Xpander juga sudah terkena recall di Vietnam sejak awal Oktober tahun ini. Isunya sama yakni potensi problem pada fuel pump.

Meski buatan Indonesia, Mitsubishi mengklaim unit yang dijual di Indonesia tidak mengalami masalah tersebut. Tapi, merek berlogo tiga berlian itu mengakui pemasok komponen fuel pump adalah pihak yang sama.

Di Indonesia, Xpander sudah memiliki beberapa ‘saudara’. Pertama adalah All-New Nissan Livina yang menggunakan platform sama dan bahkan diproduksi pula di pabrik Mitsubishi Cikarang.

Ini bisa terjadi karena Mitsubishi merupakan anggota aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi sejak 34 persen saham mereka dibeli oleh Nissan pada akhir 2016.

Saudara kedua adalah Xpander Cross yang baru saja meluncur belakangan ini. Model tersebut mempunyai tambahan aksesoris yang membuatnya makin mirip sebuah SUV. Di samping itu, sektor suspense juga mendapat penyempurnaan agar karakter SUV lebih terasa lagi. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang