Mitsubishi Habiskan Rp 113 Miliar untuk Iklan TV Xpander

Berita Otomotif

Mitsubishi Habiskan Rp 113 Miliar untuk Iklan TV Xpander

JAKARTA – Mitsubishi Xpander dilaporkan sebagai produk roda empat yang paling royal beriklan di televisi selama 10 bulan pertama 2019, dengan total pengeluaran hingga Rp 113 miliar.

Hasil riset PT. Sigi Kaca Pariwara (SKP) memperlihatkan bahwa Mitsubishi menjadi merek mobil dengan anggaran iklan televisi paling besar selama Januari – Oktober 2019. Jumlahnya mencapai Rp 113,67 miliar dan seluruhnya dikeluarkan untuk low multi purpose vehicle (LMPV) mereka, Xpander.

Pada tempat kedua, terdapat rekan aliansi Mitsubishi, yakni Nissan. Adapun model yang mereka iklankan di layar kaca juga ‘saudara’ Xpander yaitu All-New Livina.

Nissan dilaporkan menggelontorkan Rp 105,80 miliar untuk model yang diproduksi di pabrik Mitsubishi Indonesia dan menggunakan basis platform sama dengan Xpander tersebut.

Data statistik ini sendiri diperoleh Adstensity, produk monitoring iklan televisi milik SKP, berdasarkan rekaman semua iklan televisi di 13 stasiun tv nasional yakni RCTI, SCTV, Indosiar, MNC TV, TransTV, Trans7, Global TV, MetroTV, TVOne, ANTV, Kompas TV, Net TV, dan TVRI. Adstensity mencatat volume iklan dan harga iklan sesuai dengan data yang dipublikasikan (publish rate), sehingga nilai yang tercatat adalah nilai bruto.

“Penyebutan nama-nama produk di atas tidak dimaksudkan untuk tujuan komersial atau soft campaign, namun hanya sebagai dukungan informasi semata. Data ini tidak memberikan informasi apabila ada diskon atau potongan harga atau deal-deal lain dalam praktik bisnis antara pemasang iklan dan stasiun TV yang bersangkutan di luar dari Rate Iklan yang telah ditetapkan,” tulis SKP dalam keterangan resmi yang disebarluaskan pada akhir pekan lalu.

Wuling, Daihatsu, Suzuki Menguntit
Melengkapi daftar lima besar ada Wuling, Daihatsu, dan Suzuki. Wuling membenamkan Rp 73,84 miliar untuk iklan televisi Almaz.

Daihatsu, di sisi lain, membelanjakan Rp 61,27 miliar untuk Xenia facelift. Suzuki, di ranking kelima, merogoh Rp 39,59 miliar dari koceknya untuk mempromosikan Suzuki Ertiga di layar kaca.

Menariknya, Toyota, sang pemimpin pasar, hanya berada di posisi kedelapan untuk urusan iklan televisi selama Januari - Oktober. Mereka ‘hanya’ mengeluarkan dana Rp 22,54 miliar bagi Avanza.

Nilai iklan tidak berbanding lurus dengan jumlah iklan. Sebagai contoh, All-New Livina menempati peringkat pertama dengan jumlah iklan 3.796, sementara Xpander kedua dengan 3.135. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support