Mitsubishi Triton Generasi Keenam Jalani Debut Global

Berita Otomotif

Mitsubishi Triton Generasi Keenam Jalani Debut Global

BANGKOK – Mitsubishi Triton generasi keenam menjalani debut globalnya pada Jumat (9/11/2018) di Thailand dan diklaim makin canggih.

All-New Mitsubishi Triton akhirnya menampakkan diri setelah Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Jepang sedikit demi sedikit mempublikasikan potongan gambarnya sejak September kemarin. World premiere (peluncuran perdana di dunia) All-New Triton yang dilakukan di ‘Negeri Gajah Putih’ sendiri sudah diprediksi sebelumnya.

Pasalnya, double cabin andalan Mitsubishi ini memang hanya diproduksi di negara tersebut, tepatnya di pabrik Laem Chabang yang dioperasikan oleh Mitsubishi Motors Thailand. Produk yang sudah berusia 40 tahun ini rencananya mulai dijual di sana pada 17 November.

Osamu Masuko, Chief Executive Officer (CEO) MMC, mengatakan bahwa All-New Triton atau yang disebut juga sebagai L200 merupakan salah satu model strategis global terpenting mereka. Kesuksesannya bakal mempercepat momentum pertumbuhan berkelanjutan perusahaan.

“Model baru tersebut membawa peningkatan durabilitas, keandalan dan kenyamanan yang dikembangkan selama lebih dari 40 tahun sejak pertama kali diperkenalkan. Saya sangat yakin bahwa All-New Triton atau L200 akan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dari para pelanggan kami diseluruh dunia,” jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima Mobil123.com.

Grille Dynamic Shield dan Fitur Canggih
Triton generasi keenam dikembangkan dengan filosofi ‘Engineered Beyond Tough’. Update-nya lebih kuat dan fascia depan telah mengadopsi grille ‘Dynamic Shield’ yang menjadi ciri khas mobil-mobil terkini Mitsubishi.

Sistem penggerak empat roda (4WD) pesaing Ford Ranger dan Nissan Navara ini disempurnakan demi peningkatan performa off-road. Salah satunya lewat penyematan fitur Super-Select serta Easy-Select 4WD. Ada pula pilihan mode GRAVEL, MUD/SNOW, SAND dan ROCK (hanya pada 4LLc).

Sebagai mobil off-road kekinian, All-New Triton tentunya punya Hill Decent Control. Masih ada pula sistem keamanan aktif yaitu Forward Collision Mitigation (FCM), Blind Spot Warning (BSW dengan LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS).

Tak cukup sampai di sini, Mitsubishi membenamkan fitur bantuan pengemudi berupa Multi Around Monitor.

Sasis All-New Triton masih menggunakan tipe ladder frame yang paling cocok untuk mobil-mobil semacam ini. Sayang, spesifikasi mesin tidak dijelaskan dalam pernyataan pers Mitsubishi. Yang pasti, model tersebut kini dilengkapi transmisi otomatis enam percepatan, bukan lagi lima percepatan seperti generasi terdahulu.

Performa pengereman ditingkat dengan penggunaan cakram depan lebih besar dan kaliper piston. Pengendaraan meningkat lewat penggunaan damper belakang lebih besar yang berisi lebih banyak damping oil. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar