All-New Mitsubishi Triton Punya Fitur Keamanan Secanggih Pajero Sport

Berita Otomotif

All-New Mitsubishi Triton Punya Fitur Keamanan Secanggih Pajero Sport

JAKARTA – All-New Mitsubishi Triton memiliki fitur-fitur keamanan aktif secanggih sport utility vehicle (SUV) Pajero Sport.

All-New Triton menjalani debut global pada akhir pekan lalu di Thailand dan mulai dijual di sana pada 17 November 2018. Double cabin tersebut bakal dipasarkan di 150 negara di Asia Tenggara, Oseania, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin secara berurutan dan Indonesia baru kebagian giliran pada tahun fiskal 2019.

Menilik keterangan resmi Mitsubishi, Triton generasi keenam sudah dipersenjatai banyak fitur keamanan aktif yang juga tersemat di Pajero Sport generasi termutakhir, khususnya pada varian Dakar 4x2 Ultimate. Dari sisi tampilan pun, keduanya telah menggunakan grille depan Dynamic Shield yang menjadi identitas model-model terkini Mitsubishi.

Fitur keamanan aktif All-New Triton yang tidak dimiliki oleh Pajero Sport adalah Rear Cross Traffic Alert. Sebaliknya, All-New Triton tidak diberkahi dengan Adaptive Cruise Control.

Jika dijabarkan secara merinci, All-New Triton diperkaya dengan Forward Collision Mitigation, Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, Ultrasonic Misacceleration Mitigation System. Sebagai perbandingan, fitur-fitur keamanan aktif pada Pajero Sport adalah Forward Collision Mitigation, Ultrasonic Misacceleration Mitigation System,  Blind Sport Warning, Adaptive Cruise Control.

Fungsi Fitur
Forward Collision Mitigation dapat mendeteksi kendaraan dan pejalan kaki di depan. Fitur ini dapat secara otomatis memfungsikan rem sehingga mobil terhindar dari tumbukan di sisi depan.

Blind Sport Warning dapat mendeteksi adanya obyek di sudut yang tak terlihat dari kursi pengemudi. Pengemudi kemudian diperingatkan pengemudi dengan suara serta lampu yang berkedip di kaca spion pintu agar tidak berpindah jalur dan terlibat tabrakan samping.

Rear Cross Traffic Alert dengan cara yang sama dengan Blind Sport Warning membantu menghindari tabrakan ketika melakukan putar balik Adapun Ultrasonic Misacceleration Mitigation System menghindari insiden tabrakan karena tak sengaja menginjak pedal gas saat macet. Fitur ini pun digunakan sebagai sensor parkir depan maupun belakang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar