Mitsubishi Triton Generasi Keenam Mulai Terlihat Siluetnya

Berita Otomotif

Mitsubishi Triton Generasi Keenam Mulai Terlihat Siluetnya

TOKYO – Mitsubishi Triton generasi keenam dikabarkan akan segera meluncur dan foto siluetnya sudah dirilis oleh merek berlogo tiga berlian ini.

Mitsubishi global, melalui keterangan resmi yang diterima Mobil123.com pada awal pekan ini, mengumumkan bahwa Triton generasi terbaru akan hadir di usianya yang sudah 40 tahun di pasar otomotif dunia. Dalam foto yang dilampirkan, terlihat double cabin tersebut memiliki fascia depan makin mewah dan makin memiliki ciri khas serupa dengan sport utility vehicle (SUV) Mitsubshi lainnya, khususnya Pajero Sport.

Dari gambar yang dipublikasikan, terlihat bahwa All-New Triton sudah mengaplikasikan grille depan ‘Dynamic Shield’ khas Mitsubishi. Adapun lampu depannya mempunyai desain yang mengingatkan pada Pajero Sport generasi termutakhir.

“Segera hadir,” tulis pabrikan asal Jepang ini tanpa merincikan waktunya.

Triton yang dijual di Indonesia masih diimpor secara utuh (Completely Built-Up/CBU) dari Thailand. Dengan besarnya pasar double cabin di ‘Negeri Gajah Putih’ dan kecilnya volume penjualan segmen ini di Tanah Air, Mitsubishi Indonesia belum mempunyai rencana merakitnya secara lokal.

Detail-detail lain perihal spesifikasi maupun desain All-New Triton masih ditutup rapat-rapat oleh pabrikan yang bermarkas di Minato, Tokyo tersebut. Karena itu, belum diketahui apakah Triton generasi keenam berbagi platform dengan Nissan Navara, seperti yang direncanakan.

Seperti diketahui, 34 persen saham Misubishi diakuisisi oleh Nissan pada akhir 2016. Langkah ini menyelamatkan nasib Mitsubishi yang mengalami kesulitan keuangan setelah skandal pemalsuan data konsumsi bahan bakar mereka terungkap pada awal 2016.

Akuisisi tersebut juga menjadikan Mitsubishi sebagai bagian dari aliansi Nissan dengan Renault. Pascapembelian saham, pabrikan-pabrikan tersebut sepakat menggabungkan sumber daya produksi dan komponen, termasuk platform, demi mencapai skala ekonomi maksimal.

Beberapa model yang berbagi platform antara Mitsubishi dengan Nissan sudah terungkap. Salah satu di antaranya adalah Triton dan Navara.

Model lainnya adalah Mitsubishi Xpander dengan sebuah multi purpose vehicle (MPV) baru Nissan yang belum dibeberkan. Nantinya, MPV itu akan diproduksi di pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual